Makassar (ANTARA) - Bupati Bulukumba H Andi Muchtar Ali Yusuf menilai PT PLN (Persero) berhasil meningkatkan potensi Wisata Tebing Desa Apparalang yang dampak positifnya secara signifikan dirasakan oleh masyarakat setempat.

PLN membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berkelanjutan kepada Wisata Tebing Desa Apparalang.

"Kami melihat wisata Apparalang ini memiliki potensi untuk dikembangkan, sebelumnya kawasan ini hanya berbentuk spot foto tanpa kemasan yang memadai," ujar Andi Muchtar melalui keterangannya di Makassar, Selasa.

Baca juga: PJB ubah nama jadi PLN Nusantara Power

Menurut Andi Muchtar, program ini bukan sekedar charity, melainkan program pemberdayaan berkesinambungan antara PLN dan pemerintah Kabupaten Bulukumba.

"Saya berharap dengan sumbangsih dari PLN Wisata Apparalang ini semakin berkembang sebagai tempat wisata bertaraf internasional," ujar Andi.

Kepala Desa Ara Dr Amiruddin Rasyid M.Pd. mencatat berkat kerjasama dan bantuan yang diberikan oleh PLN Peduli, kini ada spot foto kapal phinisi, musholla, Stasiun Pengisian Listrik Umun (SPLU), pembangunan pintu gerbang masuk dan di tahun 2022 akan ada bantuan kolam renang untuk penambahan sarana wisata.

Baca juga: PLN pulihkan listrik di Tapanuli Utara setelah gempa

Walaupun sempat terjadi pandemi COVID-19 yang juga berpengaruh kepada industri wisata, Program Desa Wisata Tebing Apparalang ini memberikan manfaat peningkatan pendapatan finansial bagi yayasan, pengelola, UMKM dan masyarakat di sekitar lokasi objek wisata.

"Utamanya untuk memnuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari," kata dia.

Amiruddin merinci, dari hasil pelaksanaan program tersebut, telah berhasil meningkatkan pendapatan yayasan dan pengelola hingga mencapai Rp32 juta lebih dengan rata-rata pengunjung wisatawan sekitar 1.577 orang per bulan.

Pada kesempatan berbeda, General Manager PLN UIW Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin menegaskan dengan kehadiran PLN Peduli di berbagai sektor yaitu pengembangan ekonomi, UMKM, kawasan desa wisata, pendidikan dan konservasi lingkungan diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Kami berkomitmen untuk menghasilkan Creating Share Value (CSV) yang berlandaskan Sustainable Developments Goals (SDGs) dalam peningkatan perekonomian yang dikolaborasikan dengan dukungan berbagai pihak untuk bersama menumbuhkan ekonomi masyarakat," ujarnya.
Area wisata Desa Wisata Tebing Apparalang, Bulukumba yang telah dikembangkan oleh PLN melalui Program TJSL untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. ANTARA Foto/HO-Humas PLN

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022