keindahan bawah laut Muara Badak telah pulih hingga berdampak pada peningkatan wisatawan yaitu sebanyak 133 persen
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Mahakam, Kalimantan Timur, menjalankan restorasi terumbu karang, yang rusak akibat pengeboman ikan di pesisir Muara Badak, Kutai Kartanegara, lewat program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power (PLN IP) Edwin Nugraha Putra mengatakan saat ini
pertumbuhan terumbu karang dari program restorasi di sepanjang pesisir Muara Badak itu, telah mencapai 100 persen.

"Kini, masyarakat dapat merasakan hasilnya, di mana keindahan bawah laut Muara Badak telah pulih hingga berdampak pada peningkatan wisatawan yaitu sebanyak 133 persen yang kemudian turut mendongkrak perekonomian masyarakat setempat melalui pariwisata," kata Edwin Nugraha Putra dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

PLN IP UPDK Mahakam juga melakukan pembinaan, peningkatan dan penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda, Kaltim.

Program itu dijalankan melalui aksi water harvesting, penanaman pohon, pembuatan hidroponik, pengelolaan sampah dan penguatan kapasitas kemandirian ekonomi.

Kepedulian PLN IP UPDK Mahakam terhadap sosial dan lingkungan itu mendapat apresiasi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Baca juga: PLN IP kembangkan captive power 5.000 MW di Kawasan Industri Morowali

Menurut Edwin, PLN IP terus melakukan inovasi salah satunya melalui program TJSL dengan menciptakan creating shared value (CSV) bagi korporasi maupun masyarakat, sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan ekonomi, sosial, kesehatan dan lingkungan.

"Setiap program TJSL, yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power diharapkan dapat menciptakan CSV, sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goal's (SDG's) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," ujar Edwin.

Hal itu juga merupakan salah satu wujud komitmen PLN Indonesia Power selaku Subholding PT PLN (Persero), terkait aspek environmental, social, and governance (ESG).

Menurut Edwin, PLN IP akan terus berkontribusi dalam peningkatan perekonomian, peningkatan sumber daya manusia (SDM) hingga pelestarian lingkungan melalui program TJSL.

Baca juga: PLN IP siap gandeng mitra strategis kembangkan proyek energi hijau

Baca juga: PLN pulihkan sistem kelistrikan setelah gempa Bantul

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023