Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melaksanakan program bersih pantai di Pantai Tanjung Bayang, Kota Makassar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 2023.

Mengusung tema “Solusi untuk Polusi Plastik," kegiatan yang juga merupakan implementasi Employee Volunteering Program (EVP) tersebut diikuti lebih dari 1000 relawan dan berbagai komunitas penggiat lingkungan di Kota Makassar, Sabtu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sulsel Andi Hasbi mengapresiasi program dari PLN tersebut. Ia menjelaskan sampah plastik banyak ditemukan berserakan di pesisir laut ini.

"Dengan adanya program ini, kami berharap dapat terus berlangsung sehingga keindahan pesisir pantai dapat kembali seperti sedia kala," ujar Andi.



Direktur Executive Yayasan Konservasi Laut Indonesia Nirwan Dessibali mengaku terkejut dengan antusiasme dari sejumlah 1000 lebih relawan dari 54 komunitas yang turut hadir.

"Antusiasme ini menandakan kepedulian khalayak terhadap lingkungan. Harapannya kegiatan positif ini dapat menjadi budaya sehingga orang menjadi peduli terhadap sampah di Sulawesi Selatan," ujarnya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi Defiar Anis menjelaskan PLN UID Sulselrabar, PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi dan PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sulawesi bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan untuk menggaungkan program bersih-bersih pantai.

Kegiatan yang diinisiasi PLN ini juga berlangsung serentak di 44 titik seluruh Indonesia dan diikuti oleh relawan pegawai PLN.

"Kami bertujuan agar seluruh pegawai PLN mampu memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan lingkungan yang lebih bersih dan hijau khususnya di Kota Makassar,” ucap Anis.

General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin menambahkan upaya yang dilakukan PLN ini merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menciptakan kelestarian lingkungan.

"PLN berkomitmen untuk terus mendukung program lingkungan serta memberikan sumbangsih dalam penggunaan energi hijau yang berlandaskan Sustainable Developments Goals (SDGs)," ujar dia.

Duta Lingkungan Provinsi Sulsel Asriani Muflihah mengaku antusias dengan kegiatan bersih-bersih pantai. "Kegiatan ini sangat positif dan luar biasa. Banyak yang terlibat dalam kegiatan ini, mulai dari pemerintah daerah, mahasiswa, komunitas hingga masyarakat menjadi bukti sangat menyentuh banyak kalangan. Semoga kegiatan ini dapat berlanjutan, sehingga dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya," ujar Asriani.

Baca juga: Menteri LHK ikut bakti sosial bersih sampah di pantai Balikpapan
Baca juga: Pertamina berpartisipasi pada bersih-bersih pantai di Pulau Pasaran
Baca juga: Pertamina kumpulkan 3,2 ton sampah dari Pantai Dumai dan Bengkalis



 
Aksi bersih pantai yang diinisiasi oleh PLN dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Pantai Tanjung Bayang Makassar, Sabtu (10/06/2023). ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023