Balikpapan (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar ikut berpartisipasi pada kegiatan bakti sosial memungut sampah di Pantai Banua Patra Balikpapan, Kalimantan Timur dalam kegiatan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2023 pada Sabtu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan masyarakat Balikpapan dari berbagai komunitas, instansi pemerintahan serta BUMN.

Sebelumnya, Siti Nurbaya melakukan dialog melalui zoom meeting dengan perwakilan sejumlah daerah di Indonesia yang juga melakukan aksi bersih-bersih sampah di pantai.

“Kegiatan bersih pantai ini serentak di 135 titik di 37 Provinsi seluruh Indonesia dengan jumlah peserta kurang lebih 21.324. Lokasi utama di Pantai Banua Patra Balikpapan,” katanya di Balikpapan.

Dia menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang terlibat. Mulai dari pelaku usaha, BUMN, aktivis, komunitas dan pegiat lingkungan, serta seluruh masyarakat yang terlibat dalam kegiatan bersih pantai.

“Terima kasih kepada seluruh peserta di 135 titik yang telah mengikuti kegiatan ini. Ini menunjukkan bahwa kita siap memerangi pencemaran sampah plastik," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Beat Plastic Pollution, yakni seruan untuk bertindak guna menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi plastik.

Kegiatan bersih pantai tersebut difasilitasi oleh Kementerian LHK serta Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan.
Baca juga: Pegawai Kilang Pertamina Plaju-warga Palembang bersihkan Sungai Musi

Baca juga: Iriana Joko Widodo lakukan pengomposan sampah organik di Tampaksiring
 

Pewarta: Arumanto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023