Beijing (ANTARA) - Presiden Cina Xi Jinping mendorong para pekerja di sektor geologi meningkatkan peran dalam mengeksplorasi mineral.

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada tim pekerja bidang geologi di Biro Sumber Daya Mineral dan Geologi Provinsi Shandong, Cina, Minggu (2/10), Xi Jinping menyampaikan apresiasi kepada tim tersebut karena telah berupaya keras dalam eksplorasi sumber daya mineral.

Xi, yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Cina (CPC), mengatakan bahwa sejak tim kerja bidang geologi keenam di biro tersebut dibentuk, generasi anggota tim telah berupaya keras dan berhasil mengatasi kesulitan, sehingga membuahkan banyak hasil dalam eksplorasi sumber daya mineral.

Dia juga menyampaikan peran penting sumber daya mineral dalam pembangunan ekonomi dan sosial Cina. Eksplorasi sumber daya mineral memiliki pengaruh signifikan terhadap perekonomian nasional, penghidupan warga, serta keamanan nasional, kata Xi.

Dia mendesak upaya untuk bertindak sesuai visi pembangunan hijau, meningkatkan upaya eksplorasi sumber daya mineral, serta mencapai terobosan ilmiah; sehingga dapat memberikan kontribusi baru dalam menjaga keamanan sumber daya dan energi negara maupun membangun negara sosialis modern di segala bidang.

Tim kerja geologi yang dibentuk tahun 1958 itu telah mengeksplorasi dan menemukan lebih dari 2.810 ton emas.

Baru-baru ini, tim tersebut menulis sebuah surat kepada Presiden Xi Jinping yang berisi uraian singkat tentang hasil kerja dan keteguhan mereka untuk mendedikasikan diri bagi pekerjaan geologi serta mengontribusikan kekuatan mereka demi memastikan keamanan sumber daya dan energi negara itu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022