Semalam, dolar AS merosot sekitar 1,6 persen terhadap euro untuk menguji paritas di 0,9999 dolar dan jatuh 1,3 persen terhadap sterling menjadi 1,1490 dolar
Sydney (ANTARA) - Dolar memperpanjang kerugian terbesarnya selama beberapa tahun di sesi Asia pada Rabu pagi, setelah kejutan bank sentral yang dovish di Australia membuat investor bertanya-tanya apakah puncak suku bunga global sudah terlihat.

Semalam, dolar AS merosot sekitar 1,6 persen terhadap euro untuk menguji paritas di 0,9999 dolar dan jatuh 1,3 persen terhadap sterling menjadi 1,1490 dolar. Indeks dolar AS tergelincir 1,3 persen, penurunan terbesar sejak pasar dihantam pandemi liar Maret 2020. Dolar turun lebih dari 4,0 persen sejak mencapai puncak 20 tahun minggu lalu.

Aussie dan yen sedikit tertinggal, seperti dolar Selandia Baru dengan pasar waspada Reserve Bank of New Zealand juga dapat memberikan kejutan dovish di kemudian hari. Itu membuat gerakan pagi tetap kecil.

Pada Selasa (4/10/2022), bank sentral Australia (RBA) menaikkan suku bunga hanya 25 basis poin (bps) ketika pasar telah memperkirakan untuk peluang 50 basis poin, memicu reli obligasi yang tajam dan mengurangi ekspektasi puncak suku bunga.

"Ini menandakan puncak yang lebih rendah, datang kemudian," kata ekonom Nomura Andrew Ticehurst di Sydney. Pasar menggulung kembali puncak yang diproyeksikan dalam suku bunga acuan Australia dari di atas 4,0 persen menjadi sedikit di atas 3,5 persen.

"Dolar AS sedikit berkinerja buruk, tetapi kinerjanya yang rendah relatif moderat mengingat pergerakan besar-besaran dalam pemikiran suku bunga," tambah Ticehurst, sinyal sentimen pasar yang rapuh daripada suku bunga yang kemungkinan menjadi pendorong utama ke depan.

Aussie merayap sedikit lebih tinggi ke 0,6512 dolar AS pada Rabu pagi. Kiwi melayang di 0,5736 dolar AS. Keputusan suku bunga Selandia Baru dijadwalkan pada pukul 01.00 GMT.

Sentimen telah meningkat secara signifikan selama beberapa hari terakhir karena Inggris telah menunjukkan beberapa fleksibilitas dalam rencana pengeluaran yang telah menakuti pasar obligasi dan mata uang.

Sterling lebih dari 11 persen di atas rekor terendah minggu lalu, dan rebound telah membantu euro. Namun, para analis berhati-hati tentang seberapa banyak yang benar-benar berubah tentang prospek fiskal Inggris dan seberapa luas sinyal suku bunga Australia sebenarnya.

Gubernur Federal Reserve AS Philip Jefferson menegaskan semalam bahwa inflasi adalah target utama pembuat kebijakan dan bahwa pertumbuhan akan menderita dalam upaya untuk menurunkannya - tidak membiarkan segala jenis perlambatan gaya Australia atau pergeseran kenaikan suku bunga.

Data tenaga kerja AS yang akan dirilis pada Jumat (7/10/2022) akan menjadi indikator utama berikutnya dari kemungkinan lintasan suku bunga AS.

"Saya pikir itu akan salah untuk menganggap bahwa langkah Australia adalah indikator utama bagi The Fed," kata ahli strategi suku bunga AS dari NatWest Markets Jan Nevruzi.

"Narasi 'puncak Fed hawkish' adalah salah satu yang telah melihat beberapa awal yang salah - data akan memberi tahu kami jika hari ini adalah langkah lain yang serupa."

Baca juga: Rupiah pada Rabu pagi menguat 48 poin
Baca juga: Dolar melemah karena imbal hasil AS jatuh, euro dan sterling menguat
Baca juga: Rupiah menguat seiring pesimisnya data manufaktur AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022