Natuna (ANTARA) - Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada I, Laksma TNI H Krisno Utomo memastikan kesiapan dan perkembangan proses pembangunan Mako Guspurla I di Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau telah mencapai 95 persen dan akan segera dilaksanakan relokasi dari Jakarta ke Natuna. Hal itu dilakukan bersamaan dengan relokasi Mako Koarmada I ke Tanjung Pinang.

“Pada akhir tahun ini Markas Komando Guspurla akan berpindah ke Natuna, nantinya akan dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat bintang satu Insya Allah nanti yang memimpin saya langsung," kata Utomo usai memimpin upacara puncak peringatan HUT TNI ke-77 di Pantai Piwang, Ranai Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau, Rabu.

Sebelumnya telah dilakukan peninjauan pembangunan Mako Guspurla I di Selat Lampa, Kamis (30/6). Pada kesempatan itu dia menyampaikan, pembangunan markas tersebut merupakan tindak lanjut dari perkembangan lingkungan strategis di kawasan Laut Natuna Utara.

Langkah strategis TNI AL itu dalam menjawab tantangan keamanan maritim dan penegakkan kedaulatan di Laut Natuna Utara, sekaligus merupakan bagian dari Perencanaan Strategis TNI yang telah menetapkan Satuan TNI Terintegrasi TNI yang terdiri dari tiga matra untuk berpangkalan di Kepulauan Natuna dalam menghadapi dinamika sengketa Laut China Selatan.

Ia juga menyampaikan hal ini sesuai dengan rencana gelar kekuatan Koarmada I yang dipimpin Panglima Koarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah, dan menjadi prioritas dari pembangunan maupun pembinaan kekuatan oleh Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono.

"Bahwa Guspurla Koarmada I akan bermarkas di Selat Lampa Natuna untuk dapat secara cepat dan efektif dalam melaksanakan operasi penegakkan kedaulatan dan penindakan sebagai bentuk effective occupation yang akan memiliki dampak penangkalan maupun sebagai wujud nyata sea control dengan menghadirkan kekuatan TNI AL di Laut Natuna Utara," jelasnya.

Pewarta: Cherman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022