Banda Aceh (ANTARA) - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam) IM Mayjen TNI Mohamad Hasan mengajak prajurit TNI yang bertugas di Provinsi Aceh meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Saat ini, TNI menjadi lembaga yang paling dipercaya masyarakat. Jadi, tugas dan tanggung jawab prajurit TNI untuk terus meningkatkan kepercayaan masyarakat tersebut," kata  Mohamad Hasan di Banda Aceh, Rabu.

Menurut jenderal TNI bintang dua tersebut, kepercayaan itu merupakan tanggung jawab yang besar untuk dipertahankan dan terus ditingkatkan. Apalagi TNI berasal dari rakyat dan rakyat adalah TNI.

Oleh karena itu, kata Mohamad Hasan, prajurit TNI harus menjadi bagian dari solusi dari sebuah permasalahan dan bukan menjadi masalah dari sebuah permasalahan.

"Karena itu, kepada semua prajurit TNI yang bertugas wilayah teritorial Kodam Iskandar Muda, kami ingatkan untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Menjalankan tugas dengan baik, tentu akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI," kata Mohamad Hasan.

Menyangkut program manunggal TNI di Provinsi Aceh, Mohamad Hasan mengatakan sudah banyak dilakukan. Di antaranya membangun desa dalam program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD).

"Program TNI masuk desa ini setiap tahun dilakukan. Program masuk desa ini merupakan peran serta TNI membangun desa, baik pembangunan fisik seperti infrastruktur maupun nonfisik," kata Mohamad Hasan.

Selain program TNI masuk desa, kata Mohamad Hasan, program kemanunggalan lainnya seperti pembinaan teritorial. Termasuk meningkatkan peran serta prajurit di masing-masing wilayah tugas.

"Tidak hanya TNI Angkatan Darat, program manunggal TNI di Aceh juga dilakukan TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Jadi, banyak sudah program manunggal TNI dilakukan di Aceh," kata Mohamad Hasan.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022