Jakarta (ANTARA) - Juventus meraih kemenangan perdana di Grup H setelah menekuk Maccabi Haifa 3-1 pada matchday ke-3 Liga Champions di Allianz Stadium, Rabu waktu setempat (Kamis dini hari WIB).

Adrien Rabiot mengemas dua gol untuk Si Nyonya Tua, satu gol lainnya dicetak oleh Dusan Vlahovic. Sementara itu, gol Maccabi Haifa dicetak oleh Dean David.

Setelah melewatkan beberapa peluang di babak pertama, Dusan Vlahovic mampu mencetak gol pada awal babak kedua untuk membawa Juventus memimpin 2-0. Maccabi kemudian memperkecil 1-2 lewat Dean David.

Kemenangan ini tidak membawa Juventus bergerak dari peringkat ke-3 klasemen Grup H, dengan torehan tiga poin. Sementara itu, Maccabi tetap terbenam di dasar klasemen dengan nol poin, demikian laporan laman resmi UEFA.

Bianconeri langsung melancarkan serangan. Mereka menciptakan peluang pada menit ke-10, Juan Cuadrado mengirimkan bola ke Vlahovic di kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tendangan ke pojok bawah, yang bisa ditepis Cohen.

Vlahovic kemudian mempunyai peluang emas dua menit kemudian, saat bola tembakan hasil umpan Kostic melebar tipis.

Baca juga: Real Madrid atasi perlawanan Shakhtar Donetsk dengan skor tipis 2-1

Juventus mulai hilang kendali selepas laga berjalan lebih dari 15 menit. Maccabi sesekali mampu menekan, tetapi tidak ada yang benar-benar mengancam gawang Wojciech Szczesny.

Maccabi menebarkan ancaman serius pada menit ke-34. Mavis Tchibota meliuk-liuk di kotak penalti Juventus dan melepaskan tembakan, tetapi bola masih bisa diblok bek lawan.

Adrien Rabiot akhirnya bisa membawa Juventus memimpin 1-0 pada menit ke-35. Gelandang asal Prancis itu melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti setelah melakukan umpan satu-dua dengan Angel Di Maria. Skor tersebut bertahan sampai turun minum.

Juventus sukses memperbesar keunggulan menjadi 2-0 saat babak kedua berjalan empat menit. Lepas dari posisi offside saat menerima umpan Di Maria, Vlahovic berhasil menaklukkan kiper Josh Cohen

Vlahovic memiliki kesempatan mencetak gol keduanya pada menit ke-58. Sudah berhadapan dengan kiper, bola tembakan mantan pemain Fiorentina itu masih juga bisa ditepis Cohen.

Omer Atzili mengancam gawang Juventus pada menit ke-61. Bola tembakan pemain Maccabi itu mengarah ke sudut bawah gawang Juventus, tetapi masih bisa ditepis Szczesny.

Juventus sempat mencetak gol lagi lewat Vlahovic pada menit ke-63. Namun, hakim garis menganulirnya karena Vlahovic dianggap sudah dalam posisi offside dan keputusan itu diperkuat oleh VAR.

Baca juga: Chelsea hajar AC Milan tiga gol tanpa balas

Maccabi Haifa memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-75. Dean David, yang baru berada di lapangan selama tiga menit, berhasil lepas dari posisi offside dan mengecoh Szczesny untuk mencetak gol.

Juventus dalam tekanan setelah kebobolan. Maccabi nyaris mencetak gol lewat tembakan bebas Atzili pada menit ke-81, tetapi bola membentur tiang.

Harapan Maccabi Haiffa untuk menyamakan kedudukan buyar pada menit ke-83. Rabiot berhasil membuat Juventus kembali unggul dua gol.

Sundulan Rabiot dari situasi tendangan sudut membuat Juventus memperlebar jarak lagi. Di Maria sukses mencetak hattrick assist.

Susunan Pemain:
Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Juan Cuadrado (Leonardo Bonucci 66’), Danilo, Bremer, Mattia Di Sciglio (Alex Sandro 46’); Weston McKennie, Leandro Paredes (Fabio Miretti 85’), Adrien Rabiot; Angel Di Maria, Dusan Vlahovic (Moise Kean 73’), Filip Kostic (Manuel Locatelli 66’).

Maccabi Haifa (5-3-2): Josh Cohen; Daniel Sundgren, Sean Goldberg, Abdoulaye Seck, Dylan Batubinsika, Pierre Cornud; Ali Mohamed El Fazaz (Nikita Rukavytsya 84’), Mohammad Abu Fani, Tjaronn Chery; Frantzdy Pierrot (Din David 72’), Mavis Tchibota (Omer Atzili 72’).

Baca juga: Napoli permalukan Ajax Amsterdam 6-1
Baca juga: Liverpool raih kemenangan 2-0 atas Rangers
Baca juga: Gol tunggal Calhanoglu bantu Inter Milan tekuk Barcelona 1-0

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022