Medan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, dan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung menjalin kerja sama di bidang pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom di Bandung, Kamis, mengatakan, kerja sama itu nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Samosir.

Baca juga: Mahasiswa KKN-PPM UGM bantu inovasi bisnis kopi di Samosir

Menurut dia, mahasiswa Unpar akan berperan dalam pengembangan SDM di Kabupaten Samosir melalui pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu yang didapat di kampus.

"Selain itu, akan terjalin kemitraan yang saling menguntungkan antara Pemkab Samosir dengan Unpar," katanya.

Ia mengatakan, ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi bidang pendidikan dan pelatihan, kehutanan dan lingkungan hidup, perencanaan dan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan desa.

Baca juga: Pemkab Samosir-Telkom kerjasama bidang teknologi digital

Kemudian bidang penelitian dan pengembangan, permukiman dan prasarana wilayah, teknologi dan informasi, pengembangan kepariwisataan, sosial kebudayaan, dan bidang lain yang disepakati bersama antara para kedua pihak.

Rektor Unpar Mangadar Situmorang mengatakan, selain mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,  ke depan Unpar akan lebih fokus dalam pembentukan, pengembangan, dan pendampingan desa wisata.

Baca juga: Pemkab Samosir dorong BUMdes berinovasi kembangkan potensi

"Minimal dua desa tetapi fokus. Unpar juga sudah memprogramkan pemberian beasiswa berprestasi khusus untuk putra putri Samosir," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022