Penguatan rantai pasok halal dilakukan dengan memperkuat dukungan industri keuangan, perbankan, asuransi, logistik, dan sektor ekonomi syariah lain
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan bahwa penguatan ekosistem Global Halal Hub akan mempermudah hilirisasi produk di dalam negeri yang berorientasi ekspor.

“Ini akan meningkatkan kualitas dan daya saing produk dan jasa halal di dalam negeri. Peran pengusaha sebagai offtaker juga perlu dimasifkan agar produk pertanian, perkebunan, dan kelautan nasional bisa tembus pasar global,” katanya dalam Opening Ceremony Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF) 2022 di Jakarta, Kamis.

Ekosistem rantai pasok halal juga perlu diperkuat dengan meningkatkan integrasi model bisnis dan infrastruktur dari hulu sampai hilir, serta memastikan proses end to end mampu menghasilkan produk lokal berkualitas tinggi.

“Penguatan rantai pasok halal dilakukan dengan memperkuat dukungan industri keuangan, perbankan, asuransi, logistik, dan sektor ekonomi syariah lain,” imbuhnya.

Selanjutnya, pariwisata ramah muslim juga perlu dikembangkan karena kontribusi sektor pariwisata terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) diperkirakan akan terus meningkat seiring kenaikan potensi lawatan muslim dunia ke Indonesia.

“Selain menyiapkan infrastruktur dan layanan tambahan, fasilitas, atraksi, dan aksesibilitas, pariwisata ramah muslim juga harus didukung dengan penguatan regulasi, peningkatan daya saing destinasi, serta peningkatan kreasi dan inovasi produk halal lokal,” ucapnya.

Edukasi dan keahlian sumber daya manusia (SDM) dalam sektor ekonomi dan keuangan syariah juga perlu diperkuat dan dilengkapi dengan peta jalan SDM ekonomi syariah yang akan mendukung pengembangan industri halal di Indonesia yang terukur, sistematis, terpadu, dan berkembang lebih cepat.

“Seluruh pihak perlu berpartisipasi meningkatkan literasi serta menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” ucapnya.

Baca juga: BI bersama K/L berkomitmen perkuat ekosistem Global Halal Hub
Baca juga: Menperin: Penghargaan industri halal perkuat ekosistem ekonomi syariah
Baca juga: KSP tekankan pentingnya wujudkan ekosistem halal


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022