Gorontalo (ANTARA) - Provinsi Gorontalo menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (PKPI) 2022, yang berlangsung pada tanggal 5-10 Oktober di Kota Gorontalo.

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Abdul Muslim, Kamis, mengatakan Gorontalo dipilih menjadi tuan rumah dengan harapan dapat menggenjot peran pemuda di daerah tersebut.

“Kemenpora memberikan dukungan sepenuhnya untuk Gorontalo, agar ada peningkatan kreativitas pemuda di berbagai bidang,” katanya di Gorontalo.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh 98 peserta dan 102 pendamping, yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Mendikbudristek: PIRN lahirkan ilmuwan muda dengan riset berkualitas

Baca juga: Talenta muda Indonesia kembangkan budaya riset di Pekan PIRN XX


Jenis lomba yang akan diikuti para pemuda itu terdiri dari film, musik, kreasi, peragaan busana, grafika, kuliner, Informasi dan Teknologi (IT) bidang perangkat lunak (software) dan bidang perangkat keras (hardware).

Panitia juga menggelar beragam lomba yang bertema tentang Gorontalo seperti parade budaya antar organisasi kepemudaan, lomba menghias bentor sebagai kendaraan khas daerah itu, serta marching band.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer berharap semua peserta PKPI menunjukkan kemampuan terbaiknya, dalam mengikuti seluruh lomba.

Menurutnya, berbagai kegiatan nasional yang digelar di daerah itu akan meningkatkan nilai tambah dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kali ini kami di Gorontalo juga beruntung menjadi tuan rumah pekan kreativitas pemuda. Para pemuda dan pemudi ini berkumpul di daerah kami dan bisa menikmati ragam kuliner, wisata, adat, dan budaya,” ujarnya.

Hal itu, lanjutnya, dapat menjadi bagian dari promosi daerah di tingkat nasional dan internasional sehingga nama dan potensi Gorontalo semakin dikenal luas.

Sebelumnya, pembukaan PKPI digelar di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo dengan menampilkan tarian daerah, parade baju karawo, serta pameran kerajinan tangan pada Rabu malam (5/10).*

Baca juga: BRIN bangun talenta muda unggul melalui Pekan PIRN XX

Baca juga: Pekan Pertukaran Olahraga Pemuda "Inisiatif Sabuk dan Jalan" (Jiangsu) 2021 diluncurkan


Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022