Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) terus menjalin hubungan kerjasama dengan Kedutaan Besar Australia dalam bidang kepemudaan dengan melakukan penandatanganan kerjasama di Kedutaan Besar Australia, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat.

Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh melakukan Penandatanganan Kerjasama dengan Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams terkait Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPIA).

Dalam acara penandatanganan tersebut, Kemenpora menyambut baik adanya kerja sama tersebut sebagai bentuk menjalin hubungan baik di bidang kepemudaan antara Indonesia dan Australia.

Menurut Niam, PPIA memiliki peran penting untuk menjalin hubungan kepemudaan antara kedua negara.

"Jadi pembaruan tanda tangan kerjasama ini perlu dilakukan sebagai wujud komitmen antara Kemenpora dan Kedubes Australia untuk melanjutkan hubungan yang baik. Salah satunya diwujudkan dengan adanya pertukaran pemuda ini," kata Niam, seperti disiarkan situs resmi Kemenpora.

Niam juga menilai pemuda peran penting untuk membangun jangkar perubahan bagi kedua negara.

"Saya kira kenapa pemuda? Karena pemuda memiliki peran penting sebagai salah satu jangkar utama membangun perubahan. Di tangan anak-anak muda inilah masa depan perubahan bangsa ini akan terjadi," ujar Niam.

Sementara itu, Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams mengucapkan terima kasih dan senang program PPIA atau Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) terus terjalin dengan baik.

"Kerja sama ini menurut saya penting untuk menjalin hubungan antar orang ke orang, sebagai hubungan bilateral antara Indonesia-Australia," ujar Penny Williams.

"Saya senang sekali kerja sama ini bisa terjalin lagi setelah dua tahun sebelumnya kita tahu adanya masalah yang sulit. Dan ke depan saya senang kita bisa lakukan lagi hubungan kerjasama untuk pertukaran pemuda Indonesia-Australia," imbuhnya.

Baca juga: Pemerintah terus perkuat koordinasi lintas sektor terkait kepemudaan
Baca juga: Menpora targetkan pemuda berkualitas tercipta lewat Rakornas 2022

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022