Tradisi masyarakat merayakan hari besar keagamaan ini sudah tepat sekali untuk mensosialisasikan pemilu ini.
Pangkalpinang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mensosialisasikan tahapan pemilu melalui kearifan lokal, guna meningkatkan pendidikan masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2024.

"Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, kami menyasar daerah-daerah yang menggelar tradisi nganggung untuk mensosialisasikan tahapan pemilu ini," kata Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Provinsi Kepulauan Babel Guid Cardi, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menilai kegiatan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 melalui kearifan lokal ini cukup tepat, karena seluruh masyarakat beragama Islam berkumpul dan bersuka cita merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Dalam perayaan Maulid Nabi ini, masyarakat Bangka Belitung menggelar berbagai tradisi seperti nganggung, ceramah agama dan lainnya," ujarnya.

Menurut dia saat ini tahapan Pemilu 2024 masih dalam tahapan verifikasi administrasi, selanjutnya verifikasi faktual partai politik peserta Pemilu 2024.

"Kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk profesionalisme KPU dalam melayani dan mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pada pemilu nanti," katanya pula.

Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Pangkalpinang Ruslan mendukung kegiatan sosialisasi pemilu melalui kearifan lokal ini untuk pendidikan politik pemilih pada Pemilu 2024.

"Tradisi masyarakat merayakan hari besar keagamaan ini sudah tepat sekali untuk mensosialisasikan pemilu ini, karena merupakan momen-momen masyarakat berkumpul bersuka cita merayakan hari keagamaan ini," kata dia lagi.
Baca juga: Ketua KPU RI kunjungi Babel bahas persiapan Pemilu 2024
Baca juga: Pemilu 2024 momentum pesta demokrasi pemersatu

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022