Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Universitas Negeri Manado (Unima) memberikan pelatihan literasi digital pada mahasiswa yang akan mengikuti kuliah kerja nyata (KKN).

“Terdapat tiga pilar Indonesia Digital yaitu Pemerintah Digital, Masyarakat Digital, dan Ekonomi Digital. Ini menjadi pilar penting bagi Indonesia ke depan,” ujar Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan Kemenkominfo, Bambang Tri Santoso, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dia mengajak mahasiswa peserta KKN agar menyampaikan kembali materi-materi literasi digital yang didapatkan hari ini ke masyarakat setempat di lokasi KKN mereka.

“Di sela-sela KKN-nya, mungkin ada dua hingga tiga hari di mana adik-adik bisa menyampaikan materi literasi digital,” tambah dia.

Perwakilan ICT Watch, Indriyatno Banyumurti, mengatakan salah satu tantangan yang ada adalah kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pelaku utama pengguna teknologi.

Kemampuan SDM yang baik akan memiliki implikasi yang baik bagi lingkungan sekitarnya. Indriyatno berharap bahwa peserta KKN dapat menjadi SDM yang menyampaikan materi literasi digital ke masyarakat.

 

“Sebanyak 963 mahasiswa akan melaksanakan KKN. Jika satu mahasiswa menyebarkan ke 10 orang saja itu akan ada 9.630 [orang] mendapatkan literasi digital. Tujuan akhirnya supaya internet dapat dimanfaatkan dengan edukatif dan produktif,” kata Indriyatno.

Ketua LPPM Unima, Rymond J Rumampuk, menyampaikan apresiasi terhadap Kemenkominfo yang telah menyelenggarakan program literasi digital bagi peserta KKN.

“Saya harapkan semua program yang dilaksanakan di KKN nanti dapat diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik. Jagalah nama baik diri sendiri, jagalah nama baik universitas,” kata Raymond.***3***

 

Baca juga: Telkom University percepat realisasi kampus digital
Baca juga: Sandi: Generasi Z dan Y akan membuat transformasi digital lebih cepat
Baca juga: Kemenkominfo dukung pertumbuhan ekosistem digital melalui "startup"


 

 

 

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022