Depok (ANTARA) - Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (UI) Depok menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan berbagi kasih 1.081 anak yatim dari wilayah Depok.

"Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini kita berbagi kasih dengan 1.081 anak yatim. Menyampaikan pesan ajaran Nabi Muhammad SAW sebagai Islam yang damai, mengajarkan kasih sayang," kata Ketua Pelaksana Masjid Ukhuwah UI Depok KH Ahmad Solechan di Masjid UI Depok, Sabtu.

Menurutnya, ribuan jamaah larut dalam kekhusyukan mengikuti rangkaian acara yang diisi dengan pembacaan Maulid Nabi. Ia menambahkan, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh juara 1 MTQ Internasional Turki Ust. Syamsuri Firdaus.

"Kita doakan agar para pimpinan, UI dan Negara Indonesia mendapatkan keselamatan dan keberkahan. Menyampaikan pesan pimpinan, bahwa pihak UI agar senantiasa berkiprah untuk masyarakat Depok atau sekitar," katanya.

Baca juga: Imam besar Masjid Istiqalal beri tausiah di FKM UI

Baca juga: Masjid UI terapkan metode ASIH saat menyembelih hewan kurban


Melalui santunan anak yatim ini, semuanya berasal dari Depok. Momentum ini, kita juga mengajak memakmurkan dan mensyiarkan masjid UI. Banyak kegiatan bulanan, per pekan diisi dengan kajian bahkan simaan Al-Quran Bil Ghaib (hafalan atau membaca Al-Qur'an 30 juz tanpa melihat teks)," katanya.

Sebagai pemateri tausiyah agama Pengasuh Ponpes Ma'had Aly Raudhatul Muhibbin, Bogor, Dr. KH. Luqman Hakim. Tema yang diangkat adalah warisan terindah Rasulullah SAW Sains dan Moralitas. Menurutnya, keberhasilan dakwah Nabi Muhammad adalah "bi idznillah (dengan izin Allah)".

Ia menambahkan, suksesnya dakwah dalam mengajak manusia adalah menyertakan dan izin Allah. "Dakwah karena izin Allah dan bukan untuk status. Sebab, yang memberikan hidayah adalah Allah. Salah satu upaya menghadirkan izin Allah adalah hati kita dengan ikhlas, syukur dan tawakal. Dalam menuntut ilmu dan langkah agar selalu mengingat Allah. Agar mendapatkan pahala dan berkah," katanya.

Acara tersebut dihadiri ribuan jamaah yang larut dalam kekhusyukan acara. Nampak hadir mantan rektor UI Prof. Anies, Rois Syuriah PCNU Kota Depok KH. Syihabudin Ahmad, Ketua Lazisnu Kota Depok Ust. Hafidz Ash-Shidqi dan lainnya.

Di sela acara peluncuran UPZ Baznas Masjid UI,  1.081 anak yatim tersebut mendapatkan paket sembako dan uang.

Sebelumnya, acara diisi dengan simaan Al Quran Bil Ghaib dan Zikrul Ghofilin. Rangkaian acara juga dimeriahkan dengan bazar dan pameran, hadrah, pentas seni dan sebagainya. Mitra acara dari Lazisnu, Baznas, BSI, BCA dan lainnya.*

Baca juga: Masjid Al-Azhom dilengkapi ATM Beras karya lulusan UI

Baca juga: Arab Saudi Hibahkan Rp5 Miliar untuk Pembangunan Masjid UI

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022