Depok (ANTARA) - Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (UI) yang terletak di Kampus UI Depok meraih penghargaan Nabwai Award 2023 dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Ketua Pelaksana Masjid Ukhuwah UI Depok KH. Achmad Solechan, M.S.i., di Depok, Kamis, mengungkapkan strategi dalam memakmurkan masjid yaitu dengan kegiatan rutin seperti program kajian harian, mingguan, bulanan, dan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).

Masjid ini, lanjutnya, dinilai tidak hanya sebagai tempat untuk beribadah, namun juga sebagai wadah penyebaran ilmu pengetahuan, pembinaan umat, dan simpul ukhuwah.

Ia menambahkan program syiar dakwah Islam berbasis sosial kemasyarakatan seperti santunan yatim dan dhuafa, dan pelatihan literasi digital, telah dilakukan secara aktif.

"Alhamdulillah, kami juga telah berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan santunan untuk 1000 anak yatim. Tentu saja, di bulan Ramadhan juga terdapat banyak kegiatan," ujarnya.

Masjid Ukhuwah UI Depok juga mengadakan kegiatan penguatan rohani dan spiritualitas seperti khotmil Qur'an dan munajat zikir, serta membaca ayat suci Al-Qur'an 30 juz dengan hafalan atau tanpa melihat teks.

Baca juga: Peringati Maulid Nabi, Masjid UI berbagi kasih dengan 1.081 anak yatim

Optimalisasi layanan Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS) masjid UI juga dilakukan dengan mengajak seluruh keluarga dan sivitas akademika UI serta masyarakat umum untuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid UI.

Selain itu, berbagai kegiatan untuk menguatkan kemitraan jaringan seperti dengan PAUD/TK, sekolah menengah dan umum digalakkan untuk mengajak kalangan anak dan remaja memakmurkan masjid.

Ada juga program untuk kajian-kajian tematik seperti pendidikan, isu halal, dan lain-lain. Masjid UI juga menyediakan program ngaji dan konsultasi seperti tahsin, tahfidz, dan muallaf center.

"Melalui gagasan Islam rahmat bagi semesta, kami berusaha mengimplementasikan konsep masjid moderat. Alhamdulillah, semua kegiatan berjalan dengan lancar," terang koordinator mata kuliah MPK Agama Islam UI ini.

Gus Alex biasa disapa mengungkapkan masjid Ukhuwah UI juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, diantaranya kajian Islam, gerakan sosial, dan gelar budaya. 

"Alhamdulillah, kegiatan yang diselenggarakan oleh Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok mendapat respons positif dari masyarakat. Namun demikian, kami tetap mengajak sivitas akademika UI untuk terus berpartisipasi agar lebih banyak melakukan syiar," katanya.

Sebagaimana diketahui, sepuluh masjid menerima penghargaan Nabwai Award 2023 dari ICMI adalah Masjid Subulussalam Al Khoory Unismuh Makassar, Masjid Andalusia Sentul, Masjid Ukhuwah Islamiyah UI, Masjid Alhurriyah IPB, Masjid Baiturrahman Sumbar, Masjid Al Markaz Al Islami Makassar, Masjid Nurul Muttahidah IMMIM, Masjid Manarul Ilmi ITS, Masjid Kampus UGM, dan Masjid Istiqomah Jakarta Selatan. 

Baca juga: Masjid UI terapkan metode ASIH saat menyembelih hewan kurban

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023