Wonosobo (ANTARA) - Hujan deras telah menyebabkan tanah longsor di bagian wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, menurut pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonosobo Bambang Triyono di Wonosobo, Sabtu, mengatakan bahwa hujan deras yang turun pada Jumat (7/10) malam hingga Sabtu dini hari menyebabkan tanah longsor di beberapa lokasi di Desa Kumejing, Kecamatan Wadaslintang.

Menurut dia, hujan menyebabkan tanah longsor di Dusun Kedungbulu dan Dusun Kiringan, Desa Kumejing.

"Di desa tersebut juga terjadi tanah retak sepanjang kurang lebih 100 meter yang mengancam 30 rumah," katanya, menambahkan, retakan tanah terjadi di Dusun Brondong.

Bambang mengatakan bahwa bencana tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, tetapi menyebabkan lima rumah rusak dan bagian jalan tertutup.

Menurut dia, tanah longsor menyebabkan dua rumah beberapa bagiannya rusak dan satu rumah rusak berat di Dusun Kedungbulu. Selain itu, tanah longsor menyebabkan kerusakan pada dua rumah warga di Dusun Kiringan.

"Hari ini warga dan relawan serta unsur dari BPBD, TNI, dan Polri bergotong-royong menyingkirkan puing-puing akibat longsor," kata Triyono.

Bencana tanah longsor juga terjadi di Desa Gunung Teges dan Desa Purbayan di Kecamatan Kemiri serta bagian wilayah Kecamatan Bruno di wilayah Kabupaten Purworejo pada Jumat (7/10) sore.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo Budi Wibowo, tanah longsor menyebabkan tujuh rumah rusak sedang di Kecamatan Kemiri serta mengakibatkan bagian jalan tertutup longsoran di Desa Pakis Arum dan Desa Kaliglagah, Kecamatan Bruno.

Baca juga: 
BPBD: Longsor dan banjir melanda sejumlah wilayah Banyumas
Bantul tetapkan status Siaga Darurat bencana banjir dan tanah longsor

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022