Ciamis (ANTARA) - Petugas gabungan mencari seorang pengendara sepeda motor yang dilaporkan hilang terseret banjir luapan sungai di Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Memet mengatakan tim gabungan terdiri dari Kantor SAR Tasikmalaya, BPBD, kepolisian, TNI, dan unsur sukarelawan lainnya sudah mencari, namun korban belum juga ditemukan.

"Operasi SAR hari ini belum menemukan  korban," kata Memet.

Ia menuturkan hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis menyebabkan Sungai Cibuyut meluap dan banjir hingga menggenangi pemukiman rumah warga dan juga menyeret seorang pengendara sepeda motor, Jumat (7/10).

Baca juga: Tim SAR gabungan terus cari WNA Amerika terseret banjir saat rafting

Baca juga: Pemkab Kapuas Hulu imbau masyarakat siaga banjir


Korban diketahui bernama Endang Setiawan warga Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya yang hingga pencarian hari kedua belum dapat diketahui keberadaannya.

"Di hari kedua di wilayah DAS Citanduy setelah di hari sebelumnya dilakukan penyisiran oleh tim SAR gabungan di area sekitar korban terjatuh," katanya.

Ia menyampaikan upaya pencarian dibagi dua tim yakni menelusuri aliran Sungai Citanduy mulai dari Jembatan Cihaurbeuti, Rajapolah, sampai Bojongjengkol, Sukamulya dan penyisiran sampai Karangresik.

Selanjutnya tim lain menyisir bantaran Sungai Cibuyut hingga ke muara Sungai Citanduy, namun hasil dari pencarian tersebut belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban.

"Rencananya pencarian akan dilakukan esok hari dan dibagi menjadi enam tim," katanya.

Banjir menyeret seorang pengendara sepeda motor, kemudian sepeda motor korban tersangkut di tembok batas jembatan, sedangkan pengendaranya terbawa arus.*

Baca juga: Warga Saparua ditemukan tewas terseret banjir

Baca juga: Tim SAR berhasil temukan jenazah anak yang terseret banjir

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022