Orang Garut itu punya mitos jadi daerah tempatnya para jawara atau jagoan. Sekarang kita harus ubah ini karena kita harus menghadirkan entrepreneur baru
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menginginkan Garut, Jawa Barat, menciptakan jawara/jagoan wirausaha baru mengingat merek lokal wilayah tersebut kian diminati oleh masyarakat.

“Orang Garut itu punya mitos jadi daerah tempatnya para jawara atau jagoan. Sekarang kita harus ubah ini karena kita harus menghadirkan entrepreneur baru,” ucapnya dalam acara Young Entrepreneur Wanted di Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, Jabar, lewat keterangan resmi, Jakarta, Minggu.

Untuk mencapai hal tersebut, perguruan tinggi dapat berperan menjadi inkubator bisnis bagi mahasiswa dan tempat bernaung generasi muda untuk menuntut ilmu.

Menurut Teten, inkubator bisnis di perguruan tinggi harus diperbaiki agar dapat mengembangkan potensi lokal dan tidak membuat produk yang sudah ada.

"Misalnya, Garut bisa mengembangkan bisnis tukang cukur, belum ada jasa layanan antar tukang cukur kan, ini bisa dikembangkan," kata Menkop.

Ke depan, dia optimis IPI Garut mampu mengambil peran dalam menciptakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masa depan yang bisa menguasai ekonomi digital bahkan hingga level global.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono mengatakan passion menjadi hal yang sangat penting jika seseorang hendak menjadi pebisnis.

Dengan memiliki rasa minat, lanjutnya, tidak ada beban dalam membuat produk yang akan dihasilkan.

"Kita kalau mau berusaha harus cinta produk kita, sehingga kerja sampai jam berapa pun enggak berasa capek," ucap Poppy.

Baca juga: Teten: Banyak produk UMKM yang diduplikasi kompetitor asing

Baca juga: Pemerintah siapkan kebijakan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital

Baca juga: Menkop Teten: Inovasi digital bantu UMKM naik kelas

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022