Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (9/10), mulai gelaran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 ditutup hingga Kementerian Perindustrian pacu peningkatan daya saing industri keramik.

Berikut rangkuman berita selengkapnya:

1. Tutup gelaran AKI 2022, Menparekraf optimistis transaksi meningkat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno optimistis jumlah transaksi pada gelaran Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 meningkat 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp16-32 miliar.

2. MES dorong ekonomi syariah Indonesia jadi pemain global

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mendorong akselerasi pengembangan keuangan syariah dan ekosistem industri produk halal agar Indonesia menjadi salah satu pemain utama di kancah global.

3. Teten minta Bupati Garut siapkan produk UMKM untuk dipamerkan di G20

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta Bupati Garut, Jawa Barat, menyiapkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk dipamerkan dalam kegiatan G20 Indonesia.

4. Kemenperin dukung penguatan kerja sama industri farmalkes RI-Jepang

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung penguatan kerja sama industri farmasi dan alat kesehatan (farmalkes) antara Indonesia-Jepang, mengingat kedua industri ini ada dalam tujuh sektor yang mendapat prioritas pengembangan dalam peta jalan Making Indonesia 4.0.

5. Kemenperin fokus pacu daya saing industri keramik

Kementerian Perindustrian fokus untuk memacu daya saing sekaligus menahan laju impor produk keramik, di mana salah satu langkah strategis yang ditempuh adalah pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Wajib untuk beberapa produk keramik serta kebijakan safeguard.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022