Makassar (ANTARA) - Dua peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) menerima penghargaan internasional pada kegiatan "The 5th International Conference On Quality and Evidence Based in Prophetic Medicine In Abu Dhabi", Uni Emirat Arab, terkait penelitian kurma ajwa.

Kepala Humas UMI Makassar Nurjanah Abna di Makassar, Senin, mengatakan dua peneliti sekaligus Dosen FK UMI itu masing-masing Farah Ekawati Mulyadi M Biomed dan dr Marzelina Karim M Biomed .

"Keduanya mendapatkan Award Certificate Of Best Abstract dari 43 peserta dari berbagai negara di ajang The 5th International Conference On Quality and Evidence Based in Prophetic Medicine In Abu Dhabi, pada 8-9 Oktober 2022," ujarnya.

Ia menjelaskan, penghargaan ini diberikan atas penelitian dan publikasi dr Farah Ekawati Mulyadi dengan judul penelitian “The Effect of Ajwa Dates (Phoenix dactylifera L) Consumption to Anti-Mullerian Hormone (AMH) Level of Perimenopausal".

Baca juga: Peneliti Ajwa UMI diundang konferensi di Uni Emirat Arab

Baca juga: Mahasiswa UMI raih medali emas kompetisi penelitian internasional


Sedangkan dr Marzelina Karim dalam penelitiannya mengangkat judul penelitian/publikasi “The Effect of Giving Ajwa Date Extract (Phoenix dactylifera L.) on the Gut Microbiota of Rats induced by a High-Fat Diet”.

Ia mengatakan, prestasi internasional ini tentu semakin memberi semangat kepada tim peneliti FK UMI untuk semakin produktif dalam meneliti dan publikasi terkait penelitian ajwa sebagai nutrisi yang sangat direkomendasikan oleh Rasulullah SAW.

Pencapaian ini juga tidak lepas dari kerjasama dan kerja keras seluruh tim penelitian FK UMI dan dukungan dari pembimbing dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin serta dukungan utama dari Rektor UMI bersama jajarannya.

Prestasi ini juga diharapkan dapat mendukung harapan dan visi Fakultas Kedokteran UMI menuju Akreditasi Unggul LAM PTKES dan menuju UMI berkelas dunia (world Class University).

Baca juga: UMI Makassar gandeng kampus peringkat 70 dunia menuju pemeringkatan

Baca juga: 180 mahasiswa UMI ikuti seleksi olimpiade matematika


 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022