Pencapaian utama CPC adalah pemberantasan total kemiskinan absolut di China
London (ANTARA) - Seorang ahli kajian strategis Timur-Barat di Inggris, Jean Christophe Iseux von Pfetten, menilai kemampuan partai penguasa di China Communist Party of China (CPC) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta beradaptasi dengan perubahan domestik maupun internasional telah membawa negeri Tirai Bambu itu meraih berbagai kemenangan beruntun.

"Pencapaian utama CPC adalah pemberantasan total kemiskinan absolut di China," kata Jean Christophe Iseux von Pfetten yang juga Presiden Institut Studi Strategis Timur-Barat, di Inggris tersebut.

Pfetten menyatakan bahwa pencapaian pengentasan kemiskinan China diwujudkan 10 tahun lebih cepat dari Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan yang diadopsi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
Pencapaian lain CPC adalah mencapai tujuan 100 tahun pertama, membangun masyarakat yang cukup sejahtera dalam semua aspek, katanya.

Selain itu, CPC juga dianggap telah memberikan model demokrasi baru bagi dunia yakni demokrasi konsultatif sosialis yang memberikan alternatif selain model demokrasi Barat.

"Keberhasilan CPC muncul dari adaptasi konstan partai itu terhadap kebutuhan rakyat dan realitas dunia pada umumnya," ujarnya.

Pfetten (54) lahir di Prancis, dan salah satu leluhurnya membuat program kerja-studi untuk kaum muda China di pabriknya pada awal 1900-an. Pfetten belajar bahasa Mandarin pada usia dini dan fasih menggunakan bahasa tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pfetten telah berpartisipasi dalam berbagai program pertukaran akademik dan kegiatan promosi investasi untuk berkontribusi pada proyek pembangunan China. Dia dianugerahi sertifikat kehormatan karena membantu kaum wanita dan anak-anak miskin di daerah pedesaan di Provinsi Liaoning, China timur laut.

Pfetten berdedikasi untuk mempelajari China dan CPC, dan telah menulis lebih dari 2.000 halaman catatan penelitian yang relevan.

Berbicara tentang Kongres Nasional CPC yang akan datang, Pfetten meyakini kongres itu akan menjadi pertemuan signifikan bagi China dan seluruh dunia, mengingat besarnya pengaruh China dalam masyarakat internasional dan ekonomi global.

Dia memuji CPC karena menempatkan rakyat China sebagai prioritas utama dalam pekerjaannya.

"Ini partai rakyat," kata Pfetten. "Dan partai itu berkembang dan bergerak sejalan dengan evolusi rakyat."


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022