Banjarmasin (ANTARA) - Polresta Banjarmasin mengerahkan ratusan personel untuk menjamin keamanan peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022 di Kalimantan Selatan yang sebagian kafilah menginap tersebar di sejumlah hotel di kota itu.

"Jadi selain mengamankan lokasi acara di Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan Masjid Jami Sungai Jingah, kami juga fokus memastikan kondusivitas peserta selama menginap di hotel," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A. Martosumito di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, pengawalan kendaraan yang membawa para kafilah dari hotel menuju lokasi perlombaan juga dilakukan agar mobilitas peserta bisa terjamin kelancarannya.

Baca juga: Presiden dijadwalkan buka MTQ nasional ke-29 pada 12 Oktober

"Jangan sampai misalnya peserta terlambat tiba di venue karena ada hambatan di jalan seperti macet dan sebagainya, ini kami koordinasikan juga kepada panitia," ujar Sabana.

Kemudian beberapa lokasi wisata yang diperkirakan banyak dikunjungi kafilah di sela kegiatan MTQ turut mendapatkan perhatian khusus polisi.

Sabana menyebut kawasan Siring Maskot Bekantan dan Menara Pandang diprediksi menjadi magnet peserta untuk berswafoto hingga perlu pengamanan ekstra agar tetap aman terkendali.
 
Wakapolresta Banjarmasin AKBP Pipit Subiyanto mengecek kesiapan di lokasi MTQ Nasional di gedung serba guna Masjid Raya Sabilal Muhtadin. (ANTARA/Firman)


Selain itu, wisata religi kawasan Kubah Basirih dipastikan menyedot banyak kafilah untuk datang berkunjung untuk berziarah ke makam keramat ulama bernama Al Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim atau yang dikenal dengan Habib Basirih.

Diketahui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada Mei 2022 lalu mengunjungi Kubah Basirih yang menjadi finalis 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"Mari kita masyarakat Banjarmasin dapat menyukseskan MTQ Nasional dengan harapan mendapatkan berkah Allah SWT dari memuliakan Al Quran," ucap dia.

MTQ Nasional berlangsung pada 10 hingga 19 Oktober 2022 dilaksanakan di tiga wilayah yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Acara pembukaan digelar Rabu (12/10) di Kiram Park, Kabupaten Banjar yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Gubernur Sulbar janjikan bonus Rp50 juta bagi kafilah berprestasi
Baca juga: Sebanyak 7.000 personel gabungan amankan MTQ Nasional XXIX di Kalsel
Baca juga: MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 di Kalsel dimulai

 

Pewarta: Firman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022