Pupuk Kujang ingin terlibat dalam upaya membantu korban banjir yang paling parah sepanjang sejarah Pakistan
Karawang, Jabar (ANTARA) - BUMN PT Pupuk Kujang menyalurkan berbagai jenis bantuan untuk korban bencana banjir di Pakistan, sebagai upaya membantu korban yang paling parah sepanjang sejarah negara tersebut.

"Pupuk Kujang ikut berempati atas musibah banjir yang melanda Pakistan. Perusahaan berempati dan mengirim bantuan untuk warga Pakistan,” kata Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pupuk Kujang, Agung Gustiawan, di Karawang, Jawa Barat, Selasa

Ia mengatakan bahwa Pupuk Kujang ingin terlibat dalam upaya membantu korban banjir yang paling parah sepanjang sejarah Pakistan.

“Jadi kita putuskan memberikan bantuan ke Provinsi Balochistan, karena provinsi tersebut menjadi daerah yang terdampak paling parah atas musibah banjir ini,” katanya.

Pupuk Kujang mengirimkan bantuan untuk korban banjir Pakistan dan disalurkan pada Minggu (9/10). Bantuan tersebut berupa paket makanan yang berisi tepung, beras, pulses, minyak dan gula.

Keputusan menyalurkan ke Provinsi Balochistan itu karena di daerah yang terletak di wilayah barat daya Pakistan, sekitar 60 persen jumlah rumah terdampak banjir.

“Menurut laporan The Diplomat, Balochistan adalah provinsi dengan infrastruktur paling minim di Pakistan. Banyak jalan dan jembatan yang rubuh di sana. Alhasil, proses evakuasi pun sempat terkendala,” katanya.

Selain itu, katanya, jalan utama penghubung antara Karachi dan Balochistan rusak berat akibat banjir. Alhasil, Balochistan sempat terisolir karena akses jalan yang terputus.

“Menurut laporan UNHCR, warga Balochistan kesulitan menerima bantuan. Karena itu kita coba menembus wilayah Balochistan dengan bantuan We Care Foundation, sebuah lembaga bantuan asal Pakistan,” kata Agung.

Selain merusak infrastruktur, banjir juga merendam lahan pertanian warga Balochistan. Hal itu menyebabkan stok makanan masyarakat merosot tajam. Karena itulah pihaknya menyalurkan bantuan yang paling dibutuhkan saat ini, yaitu pangan.

Saat ini, bantuan Pupuk Kujang untuk korban banjir di Balochistan telah disalurkan. We Care Foundation selaku perantara juga telah mengirimkan laporan rinci bantuan tersebut, demikian  Agung Gustiawan.

Baca juga: Pakistan minta bantuan internasional untuk pemulihan pasca banjir

Baca juga: Kepala BNPB lepas tim kesehatan untuk penanganan banjir Pakistan

Baca juga: Bantuan kemanusiaan dari Indonesia tiba di Pakistan

Baca juga: Indonesia siapkan pesawat bantuan untuk bencana di Pakistan

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022