Banjarmasin (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mengoperasikan sebanyak 54 kendaraan patroli untuk mengawal mobilitas peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXIX tahun 2022.

"Untuk roda empat 38 unit dan roda dua 16 unit, semuanya siaga sesuai kebutuhan yang diminta panitia MTQ di lapangan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo di Banjarmasin, Selasa. 

Selain mobil operasional Polda, Satuan Lalu Lintas di 13 Polres jajaran juga diperbantukan selama MTQ yang rencananya dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (12/10) di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Diakui Maesa, kehadiran 3.042 orang rombongan kafilah dari seluruh nusantara termasuk 200 tamu sangat penting atau very-very important person (VVIP) tentu membutuhkan pelayanan pengawalan mobilitas yang ekstra.

Maka dari itu seluruh kekuatan yang ada baik personel maupun sarana prasarana dikerahkan semua agar pelayanan Kepolisian bisa maksimal mendukung suksesnya MTQ Nasional.

Sejumlah rekayasa lalu lintas juga disiapkan polisi terutama menyikapi padatnya arus kendaraan menuju Kiram Park tempat panggung utama MTQ berlangsung termasuk ketika acara pembukaan dan penutupan.

Maesa menyebut ada tiga jalur menuju Kiram Park yaitu Gunung Kupang atau kawasan Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Kemudian Mandiangin masuk wilayah Tahura Sultan Adam di Kabupaten Banjar serta dari arah Tanah Laut di Kecamatan Bati-Bati.

"Mohon dukungan dan kerja sama seluruh masyarakat untuk kita sama-sama berkomitmen menyukseskan MTQ Nasional yang menjadi kebanggaan daerah sebagai tuan rumah setelah 50 tahun dinanti," ucap dia.

Baca juga: Pawai taaruf ramaikan MTQ Nasional di Kota Intan Martapura Kalsel

Baca juga: 1.100 personel Polres Banjar kawal enam panggung utama MTQ Nasional

Baca juga: MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 di Kalsel dimulai

Pewarta: Firman
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022