Biak, Papua (ANTARA) - Wakil Bupati Biak Numfor, Papua, Calvin Mansnembra mengatakan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1708 Biak merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan.

"TMMD sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Wabup Biak Calvin Mansnembra membuka TMMD Biak di Sorido Biak, Selasa.

Ia mengatakan, TMMD merupakan salah satu program operasi bakti TNI yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan terpadu dengan pemerintah daerah, kementerian dan instansi terkait.

"TMMD melibatkan seluruh komponen masyarakat dengan sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan warga dan memantapkan wawasan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan fisik dan non fisik," ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan TMMD diprogram untuk menjawab kebutuhan warga di daerah-daerah terisolir, tertinggal, rawan bencana, daerah perbatasan hingga wilayah perkotaan yang perlu penataan.

Wabup Calvin mengatakan, tujuan TMMD adalah manunggalnya TNI dengan rakyat, karena TNI berasal dari rakyat untuk rakyat.

Wabup Calvin berharap, semua kegiatan fisik dan non fisik yang sudah diprogramkan diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan menyentuh kebutuhan warga Kabupaten Biak Numfor.

Program utama fisik TMMD Biak akan membangun 10 unit rumah layak huni untuk masyarakat adat.

Sedangkan program non fisik berupa penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan, pertanian dan keluarga berencana di Kampung Sorido distrik Biak Kota.

Tampak hadir sejumlah komandan satuan TNI/Polri, pimpinan OPD dan tokoh masyarakat adat Kainkain Karkara Biak.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022