Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik meminta alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) membantu pembangunan di provinsi itu.

Akmal Malik menghadiri pelantikan Pengurus Daerah Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Sulbar periode 2022-2027 yang dilakukan Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo di Mamuju, Selasa.

Gubenur Sulbar meminta seluruh alumni perguruan tinggi negeri yang berada di Provinsi Sulbar agar berkolaborasi memikirkan bagaimana membuat Sulbar dapat semakin maju dan berkembang.

Baca juga: PP Kagama salurkan bantuan korban bencana Sulbar, Kalsel, dan Jabar

"Banyak pejabat Pemprov Sulbar merupakan alumni UGM. Mereka semua hebat, sehingga kita semua semakin optimistis Sulbar akan maju ke depan, yakni ketika Kagama, alumni Unhas, IPDN, IPB, maupun alumni kampus negeri lainnya melakukan kolaborasi membangun Sulbar," ujarnya.

Ia menyampaikan selamat atas pelantikan Pengda Kagama di Sulbar dan diminta membawa kebaikan untuk pembangunan daerah.

Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo yang juga Gubernur Jawa Tengah, mengatakan Kagama Sulbar telah siap mewakafkan diri membangun provinsi itu, dan diharapkan dapat berkolaborasi dengan Pemprov Sulbar.

"Kagama siap membangun daerah, dengan kolaborasi bersama pemerintah dan bukan lagi berkompetisi merebut jabatan," katanya.

Baca juga: Kagama Jabar gelar gebyar UMKM di Balkondes Bumiharjo Borobudur

Ganjar juga berharap Kagama di Sulbar dapat membentuk "Kagama Care" untuk mengatasi persoalan kebencanaan di Sulbar.

Ia mengaku sudah membangun komunikasi dengan Rektor UGM untuk mendorong program mengatasi persoalan di Sulbar termasuk upaya penanganan stunting.

"Masalah yang dihadapi ibu hamil, anak kurang gizi, dan ibu yang potensi anaknya stunting harus diselesaikan bersama karena itu persoalan di Sulbar," katanya..

Ia mengaku, sudah sering berniat ke Sulbar dan baru kali ini dapat dilaksanakan, karena Sulbar merupakan daerah penyangga ibu kota negara baru (IKN).

Baca juga: Rektor UGM tegaskan ijazah Presiden Jokowi asli

Pelantikan Pengda Kagama Sulbar dihadiri alumni UGM di Sulbar, yang jumlahnya mencapai 200 orang.
 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022