Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada hujan di pegunungan Sumatera Utara dengan intensitas lebat yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Waspada hujan lebat yang disertai badai guntur di lereng timur, lereng barat, pantai barat, dan pegunungan yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Martha Manurung, di Medan, Rabu.

Secara umum cuaca di Sumut dalam dua hari ke depan pada siang hari berpotensi hujan dengan intensitas sedang di Langkat, Medan, Karo, Sergai, Deli Serdang, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Toba, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Humbahas, Madina, dan sekitarnya

Malam hari hujan sedang hingga lebat di Langkat, Binjai, Karo, Medan, Deli Serdang, Langkat, Sergai, Batubara, Samosir, Simalungun, Toba, Madina, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Humbahas, dan sekitarnya

Dini hari hujan ringan di Batubara, Asahan, Serdang Bedagai, Labuhanbatu Utara, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 18.0 – 31.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen dan angin berhembus dari Barat Daya – Timur Laut dengan kecepatan. 10 – 30 km/jam.

Baca juga: Seluruh kabupaten DIY segera tetapkan siaga darurat hidrometeorologi

Pewarta: Juraidi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022