Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencama (BNPB) membuka Pameran Kebencanaan yang bertujuan sebagai sarana edukasi masyarakat dalam kegiatan peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang berlokasi di BSCC Dome, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi diikuti melalui siaran daring di Jakarta, menyebut pameran yang berisikan 30 booth yang melibatkan pegiat kebencanaan dan dapat dikunjungi oleh masyarakat mulai 12 sampai 13 Oktober 2022.

"Pameran kebencanaan ini adalah ajang dan media untuk berbagi informasi terkait capaian dan pembelajaran upaya Pengurangan Risiko Bencana yang dilaksanakan oleh seluruh pelaku atau penggiat kebencanaan baik dari pemerintah, organisasi non pemerintah, komunitas, akademisi atau perguruan tinggi hingga lembaga usaha," ujar Prasinta.

Baca juga: Pakar Pendidikan: Pemahaman kebencanaan harus dibangun sejak dini

Prasinta mengharapkan kegiatan tersebut dapat memberikan pembelajaran juga menambah pengetahuan bagi masyarakat, serta menambah relasi sosial.

Dalam kesempatan yang sama, pihak Pemerintah Kota Balikapapan yang diwakili Asisten 1 Tata Pemerintahan Pemkot Balikpapan Zulkifli menjelaskan, kegiatan bulan PRB menjadi momen membangun dan memperkuat kesadaran dan pembelajaran bagi seluruh unsur terkait.

Baca juga: Antisipasi ancaman hidrometeorologi, Palu bentuk TRC terpadu

Hal tersebut dikatakannya sebagai investasi ketangguhan, sekaligus membangun kesadaran bersama khususnya lingkup Kalimantan Timur, dimana nantinya Kalimantan Timur akan dijadikan Ibu Kota Negara, yang tahapan-nya diawali dengan manajemen pengurangan risiko bencana yang baik.

BNPB bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur beserta Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan Peringatan Bulan PRB tahun 2022 dengan tema “Bersama Kita Tangguh” atau tagline-nya Bebaya Etam Tegoh.

Baca juga: Pengamat: Penting memulai edukasi pendidikan kebencanaan untuk sekolah

Selain pameran kebencanaan, dilaksanakan pula gelar wicara untuk berbagi informasi, diskusi, mempelajari atau memberikan pengalaman terkait isu-isu kebencanaan.

Kemudian Ignite Stage yang merupakan panggung untuk para penggiat kebencanaan dapat menyampaikan informasi dan program yang berkaitan dengan penganggulangan bencana.

Baca juga: Alokasi dana desa wujudkan masyarakat tangguh terhadap bencana

Selanjutnya Pameran Tangguh, menampilkan karya foto yang tertangkap oleh kamera saat kejadian bencana yang terjadi dari 2012 hingga 2022. Karya yang ditampilkan ini adalah hasil dari lomba kreatifitas Tangguh Awards dan beberapa dokumentasi Pusdatinkomben BNPB.

Rangkaian peringatan Bulan PRB dapat disaksikan secara langsung melalui kanal Youtube BNPB Indonesia.

Baca juga: BNPB usul bentuk platform pengelola risiko bencana berbasis komunitas
Baca juga: Bali terima bantuan peralatan kebencanaan dari Pemerintah Tiongkok

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022