Tol Cibitung-Cilincing berperan penting memperlancar arus kendaraan menuju Pelabuhan Utama Tanjung Priok dari kawasan timur Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Negara PT Pelabuhan Indonesia atau PT Pelindo (Persero) menargetkan seluruh seksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) bisa tersambung seluruhnya pada November 2022.

Seksi yang sedang pengerjaan yaitu JTCC Seksi 4 memiliki panjang 7,29 kilometer.

"Setelah selesai sampai dengan seksi 3 (Cibitung-Telaga Asih-Gabus-Tarumajaya), selanjutnya seksi 4 (Tarumajaya-Cilincing) diharapkan bulan depan sudah selesai juga," kata Direktur Utama PT Pelindo (Persero) Arif Suhartono di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu.

Arif mengatakan Tol Cibitung-Cilincing berperan penting memperlancar arus kendaraan menuju Pelabuhan Utama Tanjung Priok dari kawasan timur Jakarta.

"Apabila truk-truk atau kendaraan yang menuju ke arah Tanjung Priok itu sudah terpecah dari timur (Jakarta) menjadi ke Tol Cibitung, tentunya akses dari hinterland  ke pelabuhan akan jauh semakin bagus," kata Arif.

Menurut Arif, lebih dari 60 persen kargo yang datang ke Pelabuhan Utama Tanjung Priok berasal dari kawasan timur Jakarta. Dan saat ini posisi trafik Jalan Tol Cikampek sekitar Cikunir, Bekasi Barat dan Bekasi Timur pun cukup padat.

Untuk mengurai kepadatan itu, seluruh seksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing mesti terhubung seluruhnya.

JTCC memiliki panjang total 34,76 kilometer terdiri dari empat seksi yakni Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih (3,03 km), Seksi 2 Telaga Asih-Gabus (10,1 km), Seksi 3 Gabus-Tarumajaya (14,35 km) dan Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing (7,66 km). Tol ini menghubungkan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Seksi 1 telah beroperasi pada 31 Juli 2021 yang lalu. Seksi 2 dan seksi 3 akan segera dioperasikan pasca-peresmian ini, sedangkan seksi 4 masih dalam tahap penyelesaian.

Jalan tol ini memiliki tiga keunggulan di antaranya selain memperlancar konektivitas logistik dan mengurai beban trafik sekitar ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, juga menghubungkan kawasan industri di Cikarang, Cibitung, dan sekitarnya dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing dibangun PT Cibitung Tanjung Priok Tollways (PT CTP), yang dimiliki oleh PT Akses Pelabuhan Indonesia dan PT Menara Maritim Indonesia.
Baca juga: Jalan tol Cibitung-Cilincing atasi kemacetan di kawasan Tanjung Priok
Baca juga: Presiden Jokowi harap tol baru percepat akses industri ke pelabuhan
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022