Sistem tersebut akan mengembalikan saldo e-toll
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)  PT Cibitung-Tanjung Priok Port Tollways mengimbau pengguna Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 4 agar memanfaatkan akses ke luar (ramp off)  Gerbang Tol (GT) Semper agar lebih hemat.

Direktur Teknik dan Operasi PT CTP Port Tollways Yaya Ruhiya melalui pesan singkat di Jakarta Utara, Selasa, mengatakan hal ini karena sistem di GT Semper memberlakukan pengembalian dana uang elektronik (refund) jika kendaraan tidak melewati ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR)-1.

Pengguna jalan tol yang melanjutkan perjalanan melalui JORR-1, tidak ada perubahan dan tidak perlu transaksi. Sedangkan pengguna jalan tol yang akan keluar ke arah Arteri Cakung-Cilincing dapat menggunakan ramp off GT Semper di kiri jalan.

Sistem tersebut akan mengembalikan saldo e-toll sebesar Rp16 ribu untuk kendaraan golongan satu, Rp23,5 ribu untuk kendaraan golongan dua dan tiga, serta Rp31,5 ribu untuk kendaraan golongan empat dan lima.

Sebelumnya, pengguna jalan tol harus membayar tarif JTCC Seksi 4 dan JORR-1 sekaligus saat melakukan transaksi di Gerbang Tol Marunda walaupun tidak menggunakan ruas tol JORR-1.

Misalnya, kendaraan golongan satu yang melintas dikenakan tarif maksimal Rp70 ribu yang terdiri dari tarif JTCC Seksi 4 sebesar Rp54 ribu dan tarif tol JORR-1 sebesar Rp16 ribu.

Namun dengan sistem pengembalian dana yang diberlakukan sekarang, pengendara yang keluar dari Gerbang Tol Semper akan diakomodir pengembalian dana uang elektroniknya sesuai tarif golongan kendaraan masing-masing.

"Kami mengerti bahwa pengoperasian GT Semper telah lama ditunggu oleh pengguna jalan yang merupakan inovasi dari PT CTP Port Tollways selaku BUJT untuk memberikan pelayanan terbaik. Sistem Transaksi Refund ini diharapkan dapat mengakomodir pengguna jalan yang mempunyai tujuan ke area Cakung, Cilincing, Marunda, dan sekitarnya," kata Yaya.
Baca juga: Waskita Beton akan selesaikan proyek Tol Cimanggis- Cibitung pada 2023
Baca juga: Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I percepat waktu tempuh
Baca juga: PUPR: Tol Cimanggis-Cibitung akan lengkapi jaringan jalan JORR

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023