Untuk memenuhi kebutuhan dapur umum yang dibangun Dinas Sosial Kabupaten Mamuju, maka Baznas Mamuju terus memberikan bantuan agar dapur umum untuk korban banjir tetapi memberikan pelayanan,
Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terus menyalurkan bantuan sembako untuk kebutuhan dapur umum korban banjir di wilayah Kecamatan Kalukku.

"Untuk memenuhi kebutuhan dapur umum yang dibangun Dinas Sosial Kabupaten Mamuju, maka Baznas Mamuju terus memberikan bantuan agar dapur umum untuk korban banjir tetapi memberikan pelayanan," kata Kepala Baznas Kabupaten Mamuju, Mustafa Kampil di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan Bupati Mamuju Sutinah Suhardi telah meminta seluruh pihak dalam melakukan penanganan banjir di Kecamatan Kalukku agar dilakukan penanganan secara terpadu dan berkolaborasi.

Menurut dia korban banjir saat ini membutuhkan bantuan makanan dan sembako serta air bersih dan penyalurannya akan dibuat terkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan sehingga bantuan tepat sasaran.

Sementara Kepala Satpol PP Mamuju, Edy Surianto mengatakan, pihaknya telah menurunkan sebanyak 60 orang personilnya bersama dengan 20 personil pemadam kebakaran dalam rangka melakukan evakuasi di lokasi banjir.

"Petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran  bersama petugas yang menjalankan alat berat Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mamuju, telah bekerja bersama dan berkolaborasi dalam rangka melakukan evakuasi rumah warga yang tertimbun lumpur akibat banjir terjadi," katanya.

Ia menyampaikan sejumlah fasilitas umum seperti kantor pemerintah maupun sekolah dan areal perkebunan masyarakat terdampak banjir serta merendam ruas jalan trans Sulawesi.

Berdasarkan data sementara pemerintah di Mamuju, sedikitnya 1.625 rumah terdampak banjir dan mengalami kerusakan sementara sekitar 5.271 jiwa dalam penanganan pemerintah Mamuju.

Bupati Mamuju Sutinah Suhardi akan terus mendorong seluruh pemerintah di Mamuju untuk bergerak melakukan penanganan banjir di Mamuju.
Alat berat Pemkab Mamuju dipakai untuk melakukan pembersihan jalur Trans Sulawesi yang tertimbun lumpur akibat banjir di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Rabu (12/10/2022)  FOTO ANTARA/M Faisal Hanapi



"Terima kasih semua pihak yang sudah bekerja melakukan penanganan banjir di Mamuju, untuk kebutuhan dapur umum siapkan 5271 bungkus perhari agar seluruh kebutuhan makanan korban banjir dapat dipenuhi," katanya.

Baca juga: Banjir dan longsor melanda Mamuju

Baca juga: Jumlah pengungsi banjir di Mamuju 522 jiwa

Baca juga: Personel TNI evakuasi korban banjir Mamuju

Baca juga: Tim SAR evakuasi puluhan warga terjebak banjir di Mamuju



 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022