Banjarmasin (ANTARA) - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas melaporkan sebanyak 1.676 orang peserta yang mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan.

"Sebanyak 1.676 orang peserta MTQ itu dari 34 provinsi," ujarnya saat pembukaan MTQ Nasional tersebut di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalsel, Rabu malam.

Para peserta atau qori dan qoriah mengikuti pada 8 cabang lomba dan 23 golongan yang dilaksanakan di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar dari 13--17 Oktober 2022.

Baca juga: Wapres buka MTQ Nasional ke-29 di Kiram Park Kalsel

Untuk peserta yang mengikuti event dua tahunan ini, kata dia, mengikuti tahapan pendaftaran dan verifikasi yang sangat ketat.

"Salah satunya syaratnya memastikan dokumen kependudukan mewakili daerah masing-masing," paparnya.

Menag menyampaikan juga kepada Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin bahwa dewan hakim yang bertugas pada MTQ Nasional ke-29 ini sebanyak 135 orang.

"Mereka dari utusan seluruh provinsi," ujarnya.

Baca juga: Kemenag buka layanan keluarga hingga sertifikasi halal di pameran MTQ

Yaqut menyampaikan, MTQ tahun ini menjadi sangat spesial setelah melalui tahun yang berat karena pandemi COVID-19, di tahun 2022 ini dapat diselenggarakan sangat meriah.

"Pada MTQ Nasional ke-28 tahun 2020, karena wabah COVID-19 ada beberapa yang perangkat MTQ yang wafat, MTQ tahun 2022 ini kita tetap menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Dia pun menyampaikan, dalam setiap momen MTQ menyertakan para kaum disabilitas tuna netra.

Baca juga: Kafilah MTQ Nasional dijamu di tepi Sungai Martapura

Yaqut pun menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kalsel yang menyiapkan event ini jauh-jauh hari, hingga sukses terselenggara sejauh ini.

Dia pun mengungkapkan, Provinsi Kalsel menjadi salah satu pusat keislaman yang mewarnai nusantara.

Pewarta: Sukarli
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022