Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 13 provinsi mengikutkan peserta pada cabang hifzi atau hafal Al-Qur'an golongan 30 juz di Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Cabang hifzi Al-Quran golongan 30 juz diselenggarakan di Aula Serba Guna Masjid Raya Sabilal Muhtadin di Kota Banjarmasin pada MTQ Nasional yang diselenggarakan pada 10--19 Oktober 2022.

Penanggungjawab venue MTQN ke-29 di Masjid Sabilal Muhtadin, H Aspiani Nurhasani Lc di Banjarmasin, Kamis, menyampaikan, cabang lomba Hifzi Al-Quran golongan 30 juz di mulai hari ini.

Dari catatan peserta yang pihaknya pegang, sebanyak 13 peserta yang mengikuti cabang ini, yakni, tujuh putri dan enam putra.

"Jadi satu provinsi hanya satu peserta pada canang ini," ujarnya.

Menurut dia, cabang hifzi Al-Quran ini dipandu sebanyak 12 orang juri penilai.

Selain cabang hifzi Al-Quran, kata Aspiani, di venue Masjid Sabilal Muhtadin ini juga dilombakan cabang tafsir Al-Quran golongan Bahasa Arab.

"Kalau cabang ini pesertanya sebanyak 10 orang, yakni, lima putra dan lima putri," ucapnya.

Sama halnya, setiap provinsi hanya satu orang peserta, di mana juga dimulai perlombaannya Kamis hari ini.

"Sejauh ini berjalan lancar, finalnya pada 17 Oktober 2022," ujarnya.

MTQ Nasional ke-29 tahun 2012 di Provinsi Kalsel yang dibuka secara resmi Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin di Kiram Park pada Rabu malam tadi melombakan 8 cabang lomba dan 23 golongan.

Venue perlombaan pada MTQ Nasional ke-29 di Kalsel tersebar pada 12 titik di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Menurut laporan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, peserta atau qori dan qoriah yang mengikuti MTQN ke-29 ini sebanyak 1.676 orang dari 34 provinsi.

Baca juga: Wapres buka MTQ Nasional ke-29 di Kiram Park Kalsel
Baca juga: Menteri Agama: 1.676 orang peserta ikuti MTQ Nasional ke-29 di Kalsel

Pewarta: Sukarli
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022