Ternate (ANTARA) - Salah satu pelaku UMKM bidang fashion di Maluku Utara mengaku pelaksanaan Gernas BBI Maluku Utara 2022 membuat produknya dikenal lebih luas.

"UMKM di daerah berpotensi tumbuh karena pemerintah sedang menggalakkan Gernas BBI," ujar pemilik UMKM Mayana Ecoprint, Nurjanah di Ternate, Maluku Utara, Jumat.

Apalagi, lanjut dia, UMKM-nya menjadi mitra salah satu binaan BUMN sehingga mendapatkan pembinaan usaha agar bisnisnya bisa berkembang.

"Kami sangat dibantu dari segi promosi dan pemasaran juga kemudahan dalam bantuan modal usaha. Harapannya bisa lebih bersinergi, bisa tetap dibantu pembinaan untuk pengembangan usaha," tuturnya.

Sebagai UMKM binaan PT Pertamina, Nurjanah mengaku mendapatkan keuntungan dukungan program binaan usaha, khususnya kelompok difabel.

"Pertamina memberikan dukungan ketersediaan modal usaha serta dukungan program binaan usaha bagi kelompok difabel dan UMKM yang mempekerjakan difabel," tuturnya.

Baca juga: Mendes PDTT: Gernas BBI dorong UMKM berorientasi pasar

Nurjanah dan suaminya merupakan penyandang disabilitas. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dia memulai usaha di bidang kuliner pada 2013. Selain itu, dia memberikan pelatihan untuk para sesama kaum difabel secara gratis agar mampu menjalankan usaha.

Ia mengembangkan usaha Batik Mayana, batik ecoprint dengan motif khusus Maluku Utara. Sementara bisnis kulinernya diwadahi dalam UMKM Serba Usaha yang menggarap makanan olahan lokal dan herbal.

Produk-produk Serba Usaha dipasarkan secara online, antara lain melalui akun Instagram pribadi maupun marketplace yang disediakan Pertamina sebagai tools dalam peningkatan jangkauan pasar.

"Oleh Pertamina kami mendapatkan pelatihan dan lain-lain. Harapannya ke depan lebih maju dan berkembang lagi dalam segala hal. Alhamdulillah dengan bertambahnya produk turunan dari Mayana Ecoprint berarti omzet bertambah," ujarnya.

VP Corporate Social Responsibility (CSR) & Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman, mengungkapkan UMKM merupakan faktor utama dalam Gernas BBI sebagai penyedia barang dan jasa.

"Salah satu fokus utama dalam Gernas BBI adalah untuk mengajak masyarakat semakin gencar menggunakan produk-produk UMKM. Sehingga kita dapat mendukung kesuksesan program pencapaian SDGs yang dicanangkan oleh pemerintah," tuturnya.

​​​​Baca juga: Sosok Irma penyulap rempah khas Maluku Utara menjadi camilan
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022