Bangli, Bali (ANTARA) - Seorang pelajar SMA Negeri 1 Kabupaten Bangli, Provinsi Bali,  Sayu Agung Oka Ariani meraih penghargaan internasional bersama pelajar dari daerah lainnya di Indonesia, pada kompetisi Space Teams.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam siaran pers Dinas Kominfo Bangli diterima di Bangli, Sabtu, memberikan apresiasi kepada Sayu Agung Oka Ariani karena prestasinya pada ajang internasional itu mengharumkan nama daerah setempat.

"Semoga ini menjadi salah satu kebangkitan dunia pendidikan di Kabupaten Bangli dan menjadi contoh bagi siswa yang lainnya untuk lebih giat belajar dalam meningkatkan prestasi," katanya.

Sayu Agung Oka Ariani berpartisipasi pada Space Teams Oz Mission yang merupakan misi luar angkasa virtual internasional selama enam hari untuk pelajar yang meliputi induksi pengetahuan teknis dan saintifik yang diperlukan dalam pengambilan keputusan dan desain misi luar angkasa. Dalam kegiatan selama 2-7 Oktober 2022, terdapat 46 tim dari seluruh dunia.

Baca juga: Wali Kota Surabaya beri penghargaan pelajar berprestasi saat Hardiknas

Tim Morpheus Astros menempati posisi penghargaan ke-1 pada tingkat sekolah menengah. Tim Morpheus Astros beranggotakan Sayu Agung Oka Ariani (SMA N 1 Bangli) bersama dengan pelajar lainnya, yakni Christopher Govert (SMA Sutomo 1 Medan), Edgar Sipayung (SMA Unggul DEL), Justin Salomo (SMA Unggul DEL), dan Keyza Rajagukguk (SMA Unggul DEL).

Kegiatan Space Team Mission Oz meliputi pembahasan dan simulasi dalam Planetary Science, desain pesawat luar angkasa, penjelajahan luar angkasa, mekanik orbit dan penginderaan jauh, memasuki atmosfer dan pendaratan, serta materi terkait lainnya.

Dihubungi di sela-sela kesibukannya, Sayu Agung Oka Ariani menyatakan bersyukur karena mendapatkan pengalaman yang luar biasa pada kompetisi Space Teams.

Hal yang membuat dirinya ikut dalam Space Teams karena salah satu peserta dari Beasiswa Indonesia Maju. Karena kerja sama program beasiswa ini dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT), peserta BIM termasuk dirinya, diberi kesempatan ikut dalam kompetisi yang bertemakan Space and Designing itu.

Beberapa prestasi yang sudah diraih oleh siswi asal Desa Penatahan Susut ini adalah Awardee Beasiswa Indonesia Maju Taman Sains Angkatan 2 (2022), Juara 2 Medical Emergency National Competition (Janar Duta Cup 2022), Semifinalis Lomba Kimia Nasional (Undiksha 2022), Semifinalis Lomba Kimia Nasional (Cyanide Udayana) (2021).

Baca juga: Mischka dan Devon jadi Kader Bela Negara karena harumkan bangsa
Baca juga: 81 kepala sekolah berprestasi di Indonesia dapat pelatihan dari China
Baca juga: Super Beasiswa 2020, Program Panasonic GOBEL Bagi Pelajar Berprestasi

 

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022