Jakarta (ANTARA) - Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLISPI) bakal mengirim 12 pesepak bola muda terbaik dalam gelaran NYXS BLISPI Cup 2022 di lapangan ASIOP Training Ground (ATG) Sentul, Bogor, Jawa Barat, 10-12 November, ke Barcelona, Spanyol.

Ketua Umum BLISPI, Subagja Suihan, mengatakan pengiriman atlet ke Negeri Matador merupakan program dari pembinaan sepak bola usia muda dan terlaksana berkat kerja sama dengan NYXS.

"Meskipun masih dalam kondisi COVID-19, bersyukur kami masih tetap melaksanakan kejuaraan dalam pembinaan pesepak bola usia muda," kata Subagja dalam konferensi pers di Sotis Hotel Falatehan, Jakarta, Sabtu.

NYXS BLISPI Cup 2022, lanjut Subagja, merupakan kompetisi nasional yang mempertandingkan tim-tim yang diperkuat pemain U-12. Dalam ajang tersebut, NYXS akan menerjunkan pencari bakat asal Spanyol untuk melakukan talent scouting 12 pemain terbaik untuk mewakili Indonesia di TicTac Cup.

TicTac Cup merupakan turnamen sepak bola U-12 tingkat tinggi dunia yang bergulir di Barcelona. Ajang ini diikuti tim-tim papan atas seperti FC Barcelona, Real Madrid, Paris Saint-Germain, Valencia CF, dan lainnya.

CEO NYXS Tony Kim mengatakan pihaknya ingin memberikan kesempatan ini kepada talenta muda Indonesia untuk bisa merasakan atmosfer persaingan di Eropa.

"Negara ini memiliki talenta olahraga yang telah mencapai tingkat prestasi sangat baik di tingkat regional dan global. Kami pikir NYXS dapat membantu lebih banyak talenta muda ini keluar dari Indonesia," kata Kim.

"Selain itu, dengan kejadian sedih di Kanjuruhan baru-baru ini, kami berharap NYXS BLISPI Cup ini dapat membantu membawa kembali hal positif dan semangat bagi masyarakat Indonesia," ujarnya menambahkan

Dalam kesempatan yang sama Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mendukung penuh NYXS BLISPI Cup 2022 dan berharap bibit-bibit baru pesepak bola muda Indonesia bermunculan.

"Saya sangat mengapresiasi karena sudah 10 tahun gelaran bergulir. Dari awal saya mengikuti kelahiran BLISPI, saya ikut sebagai pembina, saya pernah ke beberapa daerah, terima kasih kepada NYXS yang memberi sponsor," kata Indra Sjafri.

"Indonesia butuh generasi baru pesepak bola yang berkualitas supaya level makin lama makin bagus, apa yang dilakukan BLISPI bagian dari program yang dicanangkan PSSI," kata Indra Sjafri.

NYXS BLISPI Cup 2022 juga merupakan bagian implementasi Inpres No.3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Sepak Bola Indonesia dan Pembinaan Usia Dini dan juga Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Semoga kegiatan ini dapat turut memberikan wadah kepada pesepak bola muda Indonesia lebih banyak bersaing dalam kompetisi," ujar Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta.

Baca juga: Prabowo cari bibit unggul sepak bola untuk masuk Piala Dunia
Baca juga: Ekstrakurikuler sepak bola akan dioptimalkan di sekolah-sekolah

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022