Ini Tour de Bintan ke-10 yang dilaksanakan di Bintan setelah dua tahun tertunda akibat pandemi COVID-19
Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan tidak menemukan kasus baru COVID-19 selama pelaksanaan "Tour de Bintan", yakni kegiatan pariwisata bertaraf internasional.

Wakil Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Muhamad Bisri, di Tanjungpinang, Ahad, menegaskan kasus aktif di Kabupaten Bintan justru turun drastis dalam beberapa hari terakhir. Saat ini, jumlah warga yang tertular COVID-19 tinggal delapan orang di Bintan.

Pelaksanaan Tour de Bintan di kawasan pariwisata bertaraf internasional di Lagoi dan sekitarnya diawasi Satgas Penanganan COVID-19. Bahkan panitia kegiatan beberapa waktu juga mendapatkan pengarahan dari Satgas Penanganan COVID-19 agar tidak muncul klaster baru selama pelaksanaan Tour de Bintan.

"Tour de Bintan melibatkan tenaga kesehatan lokal untuk memastikan proses hingga pelaksanaannya sejalan dengan protokol kesehatan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri itu menyatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan tersebut mengingat ratusan peserta berasal dari 33 negara. Dukungan dari sektor kesehatan dibutuhkan untuk memastikan bahwa seluruh peserta dalam kondisi sehat.

"Ini 'kan menyangkut nama baik pariwisata di Kepri, khusus Bintan sehingga prosedur kesehatan harus dilaksanakan, namun tetap mengutamakan kenyamanan wisman," tegasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau Arif Sumarsono menyatakan pelaksanaan Tour de Bintan melewati berbagai tahapan, yang juga melibatkan Mabes Polri dan Satgas Penanganan COVID-19. Selain prosedur keamanan, panitia Tour de Bintan juga mendapatkan arahan terkait upaya mencegah penularan COVID-19.

Tour de Bintan yang dilaksanakan mulai 14-16 Oktober 2020 merupakan agenda pariwisata bertaraf internasional, yang melibatkan 863 orang peserta dari 33 negara.

"Panitia harus memastikan masing-masing peserta dalam kondisi sehat sebelum mengikuti Tour de Bintan," katanya.

Mantan Camat Gunung Kijang itu mengatakan prosedur dalam pelaksanaan Tour de Bintan kali ini berbeda dengan sebelumnya karena diselenggarakan saat pandemi COVID-19.

"Ini Tour de Bintan ke-10 yang dilaksanakan di Bintan setelah dua tahun tertunda akibat pandemi COVID-19," demikian Muhammad Bisri.

Baca juga: Hindarkan penularan COVID-19 "Tour de Bintan", disiapkan ragam upaya

Baca juga: Pemenang Tour de Bintan ikut kejuaraan dunia Glasgow

Baca juga: Dispar: Peserta Tour de Bintan akan sewa 1.500 kamar hotel di Lagoi

Baca juga: Kapolda Kepri perintahkan personel jaga keamanan 'Tour' de Bintan



 

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022