Batam (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)  menerima 10 ribu dosis vaksin Pnemococcal Conjugate Vaccine (PCV) untuk bayi di wilayah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Mohammad Bisri mengatakan pemberian vaksin PCV sudah dilaksanakan sejak tanggal 1 Oktober 2022 di semua fasilitas kesehatan yang ada di kabupaten/kota.

"Pemberian vaksin sudah dimulai sejak tanggal 1 Oktober kemarin. Tidak ada acara simbolis penyuntikan vaksinnya, jadi langsung saja di setiap fasilitas kesehatan yang ada. Tahap awal ini kita mendapatkan 10 ribu dosis," kata Bisri saat dihubungi di Batam, Senin.

Ia menyampaikan vaksinasi PCV bertujuan untuk mencegah infeksi virus pneumococcus, virus penyebab radang paru (pneumonia) pada anak.

Baca juga: Kebayoran Baru catat capai sebaran vaksin PCV tertinggi

Baca juga: Pemkot sebut wilayah Taman Sari capai sebaran vaksin PCV tertinggi


"Pemberian vaksin ini mulai bayi usia 2 bulan, 3 bulan dan 12 bulan," ujar dia.

Dinkes Kepri akan memberikan imunisasi PCV secara gratis kepada anak-anak, melalui posyandu, puskesmas, dan layanan kesehatan pemerintah dan swasta.

Dengan begitu pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kepri untuk segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat dan mendaftarkan bayinya agar mendapatkan vaksin PCV tersebut.

"Saat ini kita fokus untuk memanfaatkan vaksin yang sudah ada. Jika vaksinnya sudah habis, dan cepat juga capaiannya. Barulah kita ajukan penambahan," ujar Bisri.

Sebelumnya Pemerintah Kota Batam menargetkan 33.983 bayi menerima vaksin PCV dalam program pemberian vaksin pneumonia gratis tahun ini.

"Sasaran PCV untuk bayi usia 0-12 bulan. Jumlahnya 33.983 orang," kata Kepala Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Batam, Ika Fairuza.

Ia menjelaskan hingga saat ini pihaknya telah melatih tenaga kesehatan yang nantinya akan bertugas memberikan vaksin PCV.*

Baca juga: 3.903 bayi di Jakarta Pusat terima vaksin PCV

Baca juga: Pemkot Batam sasar 33.983 bayi dapat vaksin PCV

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022