Jakarta (ANTARA) - PSSI mendatangi Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) serta dua klub ternama di Negeri Kincir Angin, Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam untuk menjajaki kerja sama terkait pengembangan kualitas pemain.

Diunggah di laman PSSI, Senin, PSSI yang diwakili Direktur Teknik Indra Sjafri, staf ahli pelatih Shin Tae-yong di timnas Indonesia Kim Jong-jin serta utusan khusus Hamdan Hamedan, berdiskusi dengan KNVB soal pemantauan pemain, pendidikan pelatih, pengembangan sepak bola usia dini dan sepak bola wanita, Sabtu (8/10).

Kemudian, mereka juga membahas tentang engelolaan timnas dan potensi pelaksanaan pemusatan latihan (TC) di Belanda sekaligus menghadapi timnas U-20 Belanda.

"Tak kalah penting, sertifikasi pelatih berperan dalam menjamin kualitas pelatih dan memaksimalkan potensi pemain muda yang dilatih," ujar Indra Sjafri.

Lalu, dengan Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam, PSSI berdiskusi tentang pengelolaan akademi, kurikulum sepak bola dan potensi pemain Indonesia bermain di kedua klub tersebut.

Baca juga: PSSI temui dua pemain U-19 keturunan Indonesia di Belanda

"Saya tertarik mengajak Ajax untuk ikut memberikan masukan dalam filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia). Kami juga menjajaki potensi pemain muda Indonesia bermain di kedua klub tersebut, atau setidaknya melakukan 'trial' di sana," kata Indra.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sudah menerima laporan dari Indra Sjafri dan kawan-kawan tentang pertemuan-pertemuan itu termasuk nama-nama calon pemain keturunan yang secara teknis disetujui pelatih tim U-20 Indonesia Shin Tae-yong.

Keberadaan Indra Sjafri di Belanda menjadi bagian dari program pemantauan pesepak bola belia keturunan Indonesia yang diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Timnas U-20 yang dilatih Shin Tae-yong saat ini menjalani TC di Eropa, tepatnya di Turki dan Spanyol untuk mempersiapkan diri berlaga di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Skuad berjuluk Garuda Asia tersebut akan berada di Eropa selama dua bulan.

Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Adapun Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

Baca juga: Timnas U-20 Indonesia dua bulan TC di Turki-Spanyol

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022