Jakarta (ANTARA) - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan meminta sekolah Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) atau sekolah berlabel internasional berkolaborasi dengan sekolah lain yang ada di tiap daerah, terutama di Tangerang Selatan.

Hal itu disampaikan Pilar dalam acara “5th SPK National Convention” yang digelar oleh Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia (PSSI) di Tangerang Selatan, Senin.

Pilar berharap ide kolaborasi tersebut dapat menjadi pembahasan di dalam konvensi yang diselenggarakan selama dua hari.

Baca juga: SPK Indonesia dukung transformasi pendidikan di Merdeka Belajar

“Kami menilai apa yang telah diperbuat oleh PSSI merupakan hal yang sangat positif dalam mendorong kesetaraan bagi sekolah lainnya untuk meningkatkan prestasi, kreativitas, dan inovasi yang dapat disalurkan kepada sekolah non-SPK, baik sekolah yang dikelola pemerintah maupun yang dikelola oleh swasta,” katanya.

Ia mengatakan bahwa PSSI semestinya dapat mengarahkan anggota SPK berkolaborasi dengan sekolah-sekolah di sekitar lingkungan mereka sehingga bisa membawa perkembangan lebih baik bagi sistem pendidikan Indonesia.

Dia mencontohkan, kolaborasi tersebut dapat berupa model program sekolah yang inovatif sehingga dapat meningkatkan kompetensi.

Baca juga: Mendikbudristek apresiasi guru SPK terlibat dalam Guru Penggerak

Menurut dia, semangat untuk berbagi dan berkolaborasi dalam prestasi dari pihak SPK memang diharapkan terus berlangsung demi mendorong proses dan kualitas pendidikan yang lebih baik di Indonesia.

Dia mengapresiasi penyelenggaraan konvensi kelima SPK serta berharap kolaborasi antara pemerintah daerah dan PSSI dapat terus ditingkatkan.

Konvensi tersebut dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yaitu tenaga pendidik SPK melalui rangkaian sosialisasi, workshop hingga Training of Trainer (ToT). Kegiatan tersebut juga dapat mendukung implementasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar.

Baca juga: SPK diminta terus berbagi dan kolaborasi untuk transformasi pendidikan

“Mudah-mudahan dengan SPK ini dan arahan dari Mendikbudristek serta Dirjen PAUD dan Dikdasmen banyak sekali perubahan. Mudah-mudahan ini bisa membuat anak-anak kita, generasi muda kita, siap menghadapi tantangan global terutama digitalisasi dan perubahan-perubahan lainnya,” kata dia.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022