Bahkan, hingga awal bulan Oktober 2022 masih ada laporan tentang warga yang terkena DBD di Kota Jayapura
Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes menyatakan bahwa sebanyak 92 warga Kota Jayapura, Provinsi Papua, dilaporkan terkena serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang merebak sejak bulan Januari 2022.

"Bahkan, hingga awal bulan Oktober 2022 masih ada laporan tentang warga yang terkena DBD di Kota Jayapura," kata  Kepala Dinkes Jayapura dr Nyoman Antari kepada ANTARA di Jayapura, Rabu.

Namun, setelah ditangani intensif, kata dia, warga yang terkena DBD itu berangsur sembuh setelah mendapat perawatan di rumah sakit.
 
Ia menjelaskan kasus DBD tertinggi terjadi di bulan Juni lalu, yakni mencapai 18 kasus.

Karena itu, pihaknya berharap masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan gerakan 3M, yakni membersihkan tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur berbagai benda, yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti.
 
Memang setelah ada laporan terkait warga yang terkena DBD, katanya, maka petugas kesehatan akan langsung melakukan fogging atau pengasapan di wilayah tersebut.
 
"Namun, kami senantiasa berharap warga lebih peduli akan kebersihan di sekitar permukimannya agar tidak menjadi tempat bagi nyamuk untuk berkembang biak," kata Nyoman Antari.

Sementara itu Magdaleba, warga di Kelurahan Bhayangkara, Distrik Jayapura Utara mengaku salah satu anggota keluarganya terkena DBD yang sempat dirawat di rumah sakit.
 
Selain keponakannya, juga ada beberapa tetangga yang keluarganya terkena DBD dan saat ini sudah dinyatakan sembuh.
 
"Kami berharap petugas kesehatan kembali melakukan pengasapan secara menyeluruh guna membunuh nyamuk Aedes aegypti, " demikian Magdalena.

Baca juga: Tiga meninggal, penderita DBD di Papua capai 331 orang

Baca juga: Dinas Kesehatan: 70 orang warga di Kabupaten Asmat terserang DBD

Baca juga: Satgas Yonif 136/TS lakukan pengasapan untuk antisipasi DBD di Papua

Baca juga: Dinkes: 81 warga Timika-Papua terinfeksi DBD


 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022