Sungguh momen yang membanggakan
Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala interim Boston Celtics Joe Mazzulla mengungkapkan kebanggaannya seusai menandai laga debutnya dengan kemenangan 126-117 atas Philadelphia 76ers dalam gim pembuka musim reguler NBA 2022-23 di TD Garden, Massachusetts, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

"Sungguh momen yang membanggakan," kata Mazzulla selepas pertandingan seperti dikutip dari situs resmi NBA.

"Saya pikir di pengujung laga, ketika sorakan 'Ayo Celtics' bergema, kami tampil laiknya kami menutup musim... Ketika mereka bersorak mendukungmu, artinya Anda melakukan hal yang benar," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kombinasi Tatum-Brown antar Celtics menangi gim pembuka atas Sixers

Mazzulla melakoni tugasnya sebagai pelatih kepala interim menyusul hukuman yang dijatuhkan oleh Celtics terhadap Ime Udoka yang diskors sepanjang musim ini karena pelanggaran aturan internal tim.

Sejumlah media Amerika Serikat sempat melaporkan bahwa Udoka kedapatan melakukan hubungan konsensual dengan salah seorang staf perempuan Celtics.

Terlepas dari drama di luar lapangan, Jayson Tatum dan Jaylen Brown sama-sama menyumbangkan 35 poin dalam kemenangan Celtics, yang diawali dengan prosesi penghormatan untuk mendiang Bill Russell yang berpulang Juli lalu.

Emblem nomor 6 juga melekat di jersey edisi khusus para pemain Celtics, mewakilii nomor punggung Russell. Sebanyak 11 berlian emas juga tersemat di jersey itu, mewakili sebelas gelar juara yang dipersembahkan Russell untuk Celtics.

"Ini sungguh unik dan spesial. Rasanya seperti mengetahui lebih baik untuk siapa dan apa kami bermain," kata Brown mengomentari prosesi penghormatan untuk Russell.

Sixers juga diwarnai sejumlah penampilan gemilang, termasuk torehan 35 poin dari James Harden, yang merupakan raihan terbanyaknya sejak tiba dari Brooklyn Nets via skema barter Februari lalu.

Baca juga: Ringkasan hari pembuka NBA 2022-23: Para bintang bersinar terang

Harden menyoroti masalah utama timnya, yang kurang optimal dalam menghentikan Celtics meraup 24 poin dari situasi fastbreak atau perpindahan penguasaan bola selepas kemasukan poin.

"Kami membiarkan mereka leluasa meraih lebih dari 20 poin dari situasi transisi. Itu jadi pembeda pertandingan," ujarnya.

Satu aspek lain yang mungkin lolos dari pengamatan Harden adalah perbedaan kontribusi para pemain cadangan, di mana Celtics memperoleh 34 poin sedangkan Sixers hanya 11 poin saja.

Perbaikan transisi menyerang ke bertahan dan meningkatkan kontribusi pemain cadangan menjadi pekerjaan yang perlu diselesaikan Sixers mengingat mereka akan menjamu Milwaukee Bucks di Wells Fargo Center, Pennsylvania, pada Kamis (20/10) waktu setempat (Jumat WIB).

Sementara Celtics baru akan melantai lagi sehari kemudian di FTX Arena menantang Miami Heat.

Baca juga: Kombinasi Tatum-Brown antar Celtics menangi gim pembuka atas Sixers

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022