Keantariksaan ranahnya sudah ke bisnis juga
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan Space Economy Leaders Meeting atau Space20, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perhelatan G20, memperkuat kolaborasi untuk mengembangkan industri dan bisnis keantariksaan di negara-negara anggota G20.

"Space industrial meeting berkumpulnya para pelaku bisnis di bidang keantariksaan pelaku-pelaku yang sudah cukup mendunia dan punya skala bisnis cukup besar di aerospace," kata Direktur Eksekutif Indonesia Space Agency BRIN Erna Sri Adiningsih dalam konferensi pers BRIN Dukung Presidensi G20 Indonesia di Gedung BJ Habibie BRIN di Jakarta, Rabu.

Erna menuturkan pengembangan industri keantariksaan melalui penguatan kolaborasi antarnegara anggota G20 akan mendorong kemajuan kegiatan keantariksaan pada skala global dan membangkitkan perekonomian negara.

Space20 juga mendorong penguatan dukungan kebijakan pemerintah untuk menumbuhkembangkan industri keantariksaan di negara-negara anggota G20.

Baca juga: BRIN: MC4 perkuat pemanfaatan keantariksaan untuk capai SDGs

Baca juga: BRIN: Indonesia berpeluang ciptakan nilai ekonomi dari keantariksaan


Ia berharap industri atau bisnis bidang keantariksaan bisa berkembang dengan kondusif di negara-negara anggota G20 karena keantariksaan bukan sekadar penguasaan teknologi canggih tapi menjadikannya sektor pendukung pengembangan perekonomian negara.

"Tren global tidak hanya penguasaan teknologi canggih, tapi keantariksaan bisa jadi satu sektor perekonomian yang diperhitungkan. Keantariksaan ranahnya sudah ke bisnis juga," ujarnya.

Pada Space20, Indonesia mengusulkan untuk mengangkat isu pentingnya pemulihan perekonomian global melalui intensifikasi sektor keantariksaan, industri keantariksaan, dan pemanfaatan teknologi keantariksaan untuk perekonomian yang berkelanjutan pada ekonomi digital, hijau dan biru.

Space20 mendorong kerja sama pemanfaatan teknologi antariksa antarnegara G20 untuk mewujudkan perekonomian digital dan berkelanjutan dan tujuan pembangunan berkelanjutan serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penguatan industri antariksa, termasuk perusahaan pemula (startup) antariksa.

Baca juga: BRIN: Model bisnis keantariksaan libatkan pemain global potensial

Baca juga: BRIN perkuat ekosistem riset dan inovasi keantariksaan

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022