Palembang (ANTARA) - Personel Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang, Sumatera Selatan mulai membudayakan pergi ke kantor atau “ngantor” dengan mengendarai sepeda motor.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol. Mohkamad Ngajib, di Palembang, Rabu, mengatakan budaya “ngantor” mengendarai sepeda motor itu dilakukan untuk mengajarkan seluruh personel Polri tetap hidup sederhana.

Kebijakan yang diterapkan Polrestabes Palembang itu dilakukan sebagaimana instruksi Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu lalu.

“Dari instruksi tersebut kemudian mulai kami budayakan pekan ini, dan berlaku untuk seluruh personel tidak terkecuali, termasuk saya juga Ngantor naik sepeda motor,” kata dia.

Ngajib menegaskan, pihaknya siap untuk memberikan saksi kepada setiap personel yang sengaja tidak menjalankan instruksi Kapolri ini.

Sebab, lanjut dia, pihaknya sangat mendukung kebijakan itu yang sekaligus dinilai sebagai solusi untuk mengatasi masalah keterbatasan lahan parkir di Markas Polrestabes Palembang.

Markas polisi berlokasi di Jalan Gubernur HA Bastari, Jakabaring, itu saat ini sudah semakin sempit oleh banyaknya kendaraan, mulai dari pengunjung, tamu yang setiap hari kerjanya mencapai ratusan unit.

“Atas pertimbangan itu harapannya instruksi ini bisa terus di budayakan, hingga menjadi kebiasaan yang positif,” tandasnya.

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022