oleh Satgas Bina Marga Kecamatan Pesanggrahan sebanyak 360 titik
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memperbaiki ratusan jalan berlubang hingga September 2022 di daerah itu guna pemeliharaan dan peningkatan kualitas untuk mobilitas barang dan jasa serta warga itu. 

"Total jalan berlubang yang sudah ditangani oleh Satgas Bina Marga Kecamatan Pesanggrahan sebanyak 360 titik," kata Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Bina Marga Kecamatan Pesanggrahan Mahendra Fitra saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Mahendra menuturkan sebanyak ratusan jalan ini diperbaiki dengan luas 12.365 meter persegi (m2) dari periode Januari hingga September 2022.

Dia menyebutkan perbaikan jalan ini menggunakan campuran aspal dingin (cold mix) untuk penambalan.

Baca juga: Pemkot Jaksel gencarkan perbaikan jalan rusak di Tendean

Adapun sampai saat ini pihaknya masih menangani jalan rusak paling parah yakni di Jalan Ciledug Raya yang berlubang.

"Iya masih berlubang. Sebelumnya kita sudah tangani terus, tapi rusak lagi," ujarnya.

Penyebab rusaknya Jalan Ciledug Raya itu diduga karena tergerus tetesan air akibat curah hujan tinggi yang sempat terjadi beberapa waktu lalu.

"Penyebabnya dari tetesan air drainase jalan layang khusus busway sama tol. Sudah kita ajukan dari dinas sudah disurvei karena itu harus diperbaiki," katanya.

Mahendra merinci anggaran perbaikan jalan tersebut seluruhnya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dari anggaran tersebut, pihak Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan melakukan pembelian bahan hingga campuran aspal untuk digunakan di 10 kecamatan Jakarta Selatan. 

"Anggaran sampai saat ini untuk pembelian hotmix sebesar Rp2,1 miliar, sedangkan anggaran pembelian coldmix sebesar Rp597,2 juta yang digunakan seluruh wilayah Jakarta Selatan," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Jakbar laksanakan perbaikan 428 titik aspal rusak selama April

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Bina Marga setempat memperbaiki trotoar di 10 kecamatan hingga Agustus 2022 ini meliputi pemasangan paving, kanstin, tali air dan turap.

Berdasarkan data kegiatan penanganan kerusakan jalan dan jembatan Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Selatan 2022, trotoar yang paling banyak diperbaiki sebanyak 8.292 titik dengan volume 21.479,27 meter persegi (m2).

Sedangkan untuk volume yang paling banyak diperbaiki, yakni perbaikan jalan seluas 29.886,72 meter persegi dengan 7.700 titik di 10 kecamatan di Jakarta Selatan.

Adapun perbaikan jalan tersebut meliputi menutup lubang dengan campuran aspal dingin (coldmix) dan campuran aspal panas (hotmix).

Baca juga: Sudin Bina Marga percepat perbaikan jalan rusak di Jakarta Utara

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022