Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, melatih sebanyak 80 mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah angkatan 2019 membuat desain grafis dan blogspot untuk meningkatkan keterampilan mereka.

"Hal ini sebagai bekal bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah, agar dapat menyesuaikan diri di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi," ucap Sekretaris Pengelola Program KIP Kuliah UIN Palu H Abdul Wahab, di Sigi, Jumat, terkait dengan optimalisasi pembinaan keterampilan mahasiswa penerima KIP Kuliah bertajuk pelatihan digital skills.

Wahab mengatakan literasi atau pendidikan bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah terus digencarkan oleh UIN Palu, termasuk literasi mengenai teknologi informasi dan komunikasi berbasis online.

Baca juga: UIN Palu: KIP Kuliah merupakan komitmen pemerintah bangun SDM unggul

"Hal itu agar mahasiswa dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman, termasuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sebagai peluang usaha," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya melatih mahasiswa penerima KIP Kuliah membuat blogspot dan info grafis, dengan melibatkan narasumber yang ahli dalam hal tersebut.

"Dengan adanya materi ini, kami berharap mahasiswa penerima KIP Kuliah angkatan 2019 dapat benar-benar memanfaatkan materi yang diberikan oleh narasumber untuk pengembangan kompetensi dan keterampilan individual," ujarnya.

Wahab menjelaskan pelatihan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa penerima KIP Kuliah angkatan 2019, selain kegiatan pembinaan kecakapan berbahasa Inggris dan Arab, mengasah kemampuan membaca kitab kuning, pelatihan kewirausahaan, dan kepemimpinan.

Baca juga: UIN Datokarama tingkatkan kapasitas 149 penerima beasiswa KIP Kuliah

Rektor UIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menekankan kepada para mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah harus terus meningkatkan prestasi akademik.

Prof Sagaf mengatakan mahasiswa yang tercatat sebagai penerima beasiswa KIP Kuliah merupakan mahasiswa yang beruntung, karena mendapat bantuan biaya pendidikan dari pemerintah.

"Dengan demikian, mahasiswa, orang tua atau wali dari mahasiswa tidak lagi terbebani dengan biaya pendidikan selama menempuh pendidikan strata satu," katanya.

Mahasiswa yang dinyatakan layak dan berhak menerima KIP Kuliah mendapat bantuan beasiswa senilai Rp6,6 juta/semester, mulai semester I hingga VIII atau total Rp52 juta lebih selama delapan semester (jenjang Strata 1).

Baca juga: UIN tingkatkan kemampuan penerima KIP Kuliah menulis karya ilmiah

Beasiswa KIP Kuliah yang diselenggarakan oleh UIN Palu merupakan implementasi dari program nasional pemerintah yaitu Program Indonesia Pintar (PIP).
Mahasiswa penerima KIP Kuliah Angkatan 2019, mengikuti kegiatan pembinaan keterampilan bertajuk pelatihan digital skills, di Sigi, Jumat (21/10/2022) (ANTARA/Muhammad Hajiji)




 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022