Jangan ada lahan yang tidur dan tenaga yang menganggur.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menegaskan empat langkah strategis dalam mewujudkan kemandirian pangan nasional, salah satunya mendorong percepatan program diversifikasi dan pengembangan pangan lokal.

"Sinergi untuk mewujudkan cita-cita kemandirian pangan harus terus kita tingkatkan. Saya ingin menekankan hal-hal yang perlu kita upayakan bersama," kata Wapres dalam sambutannya secara daring pada Pembukaan Kegiatan Gelar Pangan Nusantara 2022 dalam rangka Hari Pangan Sedunia Ke-42.

Empat langkah strategis, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu, pertama, perlunya percepatan program diversifikasi dan pengembangan pangan lokal yang didukung riset.

Menurut Wapres, diversifikasi pangan penting mengingat Indonesia memiliki berbagai keragaman potensi pangan dari Sabang sampai Merauke.

"Kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang berlimpah adalah anugerah Allah subḥānahu wa ta’āla yang harus kita kelola dengan bijak," ucapnya.

Kekayaan rempah dan potensi pangan lokal yang berbeda-beda dari Aceh hingga Papua, kata Wapres, harus terus digali potensinya, bahkan dikembalikan lagi kejayaannya.

Kedua, lanjut dia, diperlukan optimalisasi lahan-lahan yang tidak produktif agar tidak ada lagi lahan tidur dan tidak termanfaatkan.

"Saya biasa menyebut jangan ada lahan yang tidur dan tenaga yang menganggur," imbuh Wapres.

Ketiga, Wapres menekankan pentingnya inovasi yang berkelanjutan dan memfasilitasi penelitian baru yang mendukung keamanan pangan yang inklusif dan berkelanjutan.

Keempat, Wapres berpesan agar sinergi seluruh pihak terkait dapat terlaksana dengan baik dengan kerja sama inklusif dan melibatkan seluruh pihak, mulai dari pembuat kebijakan hingga akar rumput.

"Fasilitasi sinergi pemangku kepentingan dengan UMKM pangan lokal agar daya saing dan produktivitas terus meningkat," jelasnya.

Menutup sambutannya, Wapres berharap agar penyelenggaraan acara Kegiatan Gelar Pangan Nusantara 2022 dapat memicu semangat seluruh pemangku kepentingan terkait dalam membangun kedaulatan pangan Indonesia.

"Selamat Hari Pangan Sedunia Ke-42 dan selamat atas penyelenggaraan Gelar Pangan Nusantara. Semoga kegiatan ini kian meningkatkan kesadaran dan perhatian akan pentingnya masalah pangan," katanya.

Baca juga: Santriwati tanya kunci sukses Ma'ruf Amin bisa menjadi Wapres
Baca juga: Wapres: Santri harus berperan jaga keutuhan NKRI pada tahun politik


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022