Jakarta (ANTARA) - Ketua Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (Apkori) Nurhasan mengatakan siap berkontribusi dalam mengimplementasikan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu, Nurhasan dilantik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sebaai Ketua Apkori di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta, kemarin.

"Kami akan segera melaksanakan rapat koordinasi menyiapkan program jangka pendek dan jangka panjang. Kami akan memberikan kontribusi dalam implementasi DBON,” kata Nurhasan.

Baca juga: Menpora: Iptek merupakan pendukung utama implementasi DBON

Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Surabaya itu juga mengungkapkan prestasi olahraga harus dibarengi dengan Sport Science.

"Para profesor di Apkori ini saling bahu membahu mencurahkan pemikirannya bagaimana menyiapkan segala sesuatunya demi kemajuan olahraga di Tanah Air," ujarnya menambahkan.

Nurhasan optimistis dengan hadirnya sport science mampu mendongkrak prestasi dan membawa kejayaan olahraga Indonesia pada setiap ajang internasional.

"Ini harus kami lakukan agar bangsa Indonesia mampu dan kuat bersaing dengan negara-negara lain. Kami menginginkan bendera Indonesia berkibar, lagu Indonesia Raya berkumandang, dan tim Merah Putih meraih prestasi, meraih medali emas,” ujarnya menambahkan.

Sekadar informasi, Nurhasan dilantik menjadi ketua Apkori dalam periode 2022-2026. Wakil Ketua dijabat Sumaryanto. Sedangkan sekretaris adalah Tandiyo Rahayu.

Baca juga: Menko tekankan perlunya pembentukan tim koordinasi guna percepat DBON
Baca juga: Menpora apresiasi PB PSI terbitkan kartu wasit digital

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022